MODEL PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKUKULIT MULTI OBJECTIVE DENGAN PENDEKATAN FUZZYGOAL PROGRAMMING(Studi Kasus di PT Adi Satria Abadi Yogyakarta)

Prasetio, Gigih Jono (2020) MODEL PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKUKULIT MULTI OBJECTIVE DENGAN PENDEKATAN FUZZYGOAL PROGRAMMING(Studi Kasus di PT Adi Satria Abadi Yogyakarta). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Scan Lembar Pengesahan.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text
Draf Tugas Akhir Gigih Jono Prasetio.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAKPT Adi Satria Abadimerupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang penyamakan kulit untuk membuat sarung tangan golf. Hampir 65% keuangan perusahaan dialokasikan untuk pengadaan persediaan bahan baku kulit yang terdiri dari kulit kambing dan kulit domba. Selain harganya yang mahal, ketersediaan bahan baku kulit juga sangat terbatas. Perusahaan mengalami trade-off dimana disatu sisi bahan baku mudah rusak dan mengalami kadaluarsa tetapi disisi lain ketersediaannya juga terbatas, dan jika tidak mempunyai persediaan yang cukup, proses produksi akan terganggu.Penyelesaian masalahpada penelitian inimenggunakan model yang dikembangkan dengan mencakup fungsi tujuan yang menjadi tujuan utama perusahaan dalam menangani masalah persediannya.Fungsi tujuan tersebut yaitumeminimasi total biaya persediaan, memaksimalkan bahan baku dengan kualitas bagus, dan meminimasi adanya biaya akibat adanya bahan baku yang rusak dan kadaluarsa.Semua fungsi tujuan dapat mencapai nilai optimaldengan digunakannya pendekatan Fuzzy Goal Programming. Hasil perhitungan validasi menggunakansoftware lingodengan data di PT Adi Satria Abadididapatkan hasil optimal untuk nilai fungsi keanggotaan fuzzy goal programming (λ) sebesar 0,91551. Dengan hasil nilai tersebut, didapatkan hasil optimal pengendalian persediaan perusahaan yaitu total biaya persediaan selama horison perencanaan sebesar Rp10.341.630.000 , total bahan bakuberkualitas baik yang diterima sebanyak 1.279.542 square feet, dan total minimasi biayaakibat adanya produk yang kadaluarsasebesar Rp142.911.691.Kata kunci :Persediaan, kadaluarsa, Fuzzy Goal Programming

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci :Persediaan, kadaluarsa, Fuzzy Goal Programming
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 05 Feb 2021 08:18
Last Modified: 05 Feb 2021 08:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24561

Actions (login required)

View Item View Item