SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PEMILIHAN OBJEK WISATA DI KABUPATEN KEBUMEN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING

Nugroho, Ardhy (2020) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PEMILIHAN OBJEK WISATA DI KABUPATEN KEBUMEN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING. Other thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan Pembimbing.pdf

Download (767kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (72kB) | Preview

Abstract

Kebumen memiliki berbagai obyek wisata yang dikelola pemerintah maupun swasta. Potensi wisata Kebumen juga didukung dengan adanya Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo yang berjarak 1 jam perjalan dari pusat kota Kebumen sehingga meningkatkan peluang wisatawan asing untuk berkunjung. Sebelum melakukan kunjungan tentunya wisatawan akan mencari informasi mengenai objek wisata yang ada dikabupaten kebumen yang sesuai dengan kriteria mereka. Dalam mencari dan menentukan objek wisata yang akan dikunjungi tentunya dibutuhkan waktu dan usaha yang tidak sedikit, terutama meraka yang melakukan kunjungan dalam waktu yang singkat dan tanpa rencana. Oleh karena itu untuk membatu proses pemilihan objek wisata dibutuhkan suatu sistem pendukung keputusan memberikan rekomendasi objek wisata yang sesuai dengan kriteria mereka. Metode yang digunakan adalah Simple Additive Weighting dikarnakan lebih cepat digunakan, simple dan spesifik. Metode ini memberikan pembobotan pada masing-masing kriteria yang ditentukan dan dalam pembobotannya langsung tertuju pada nilai bobot dan dilakukan perangkingan. Kriteria yang digunakan adalah jarak, biaya, fasiltas, dan transportasi. Dengan sistem pendukung keputusan menggunakan metode Simple Additive Weighting dihasilkan sebuah rekomendasi berupa ranking objek wisata sesuai dengan kriteria-kriteria yang ditentukan oleh pengguna.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pariwisata, Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive Weighting
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 19 Jan 2021 04:22
Last Modified: 19 Jan 2021 04:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24345

Actions (login required)

View Item View Item