PENERAPAN LINE BALANCING PADA LINE ASSEMBLING CONTROL BOARD PT PANASONIC MANUFACTURING INDONESIA MENGGUNAKAN METODE RANKED POSITIONAL WEIGHT

Rosyada, Zainal Fanani and Kaban, M.Genta Pertiby and Suliantoro, Hery and Nurkertamanda, Denny and Purwanggono, Bambang (2020) PENERAPAN LINE BALANCING PADA LINE ASSEMBLING CONTROL BOARD PT PANASONIC MANUFACTURING INDONESIA MENGGUNAKAN METODE RANKED POSITIONAL WEIGHT. In: Industrial Engineering Conference (IEC) 2020, 21 November 2020, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
38. 19.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

PT. Panasonic Manufacturing Indonesia adalah salah satu perusahaan yang memproduksi alat listrik dan elektronik untuk rumah tangga. PT.Panasonic Manufacturing Indonesia menggunakan strategi make to order, dimana produk dibuat sesuai dengan permintaan dari konsumen. Salah satu produk yang diteliti, yaitu produk AC (Air Conditioner) bagian pembuatan Control Board. Pada lini asembli, salah satu cara untuk mengoptimalkan adalah dengan line balancing. Penugasan elemen-elemen kerja diseimbangkan antar kelompok stasiun kerja. Waktu menganggur dan jumlah stasiun kerja diminimumkan agar utilisasi stasiun kerja meningkat. Salah satu cara untuk mengoptimalisasikan assembly line pada fungsi produksi adalah dengan metode Line Balancing yaitu Rank Position Weight (RPW).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: ST, M.Sc Astrid Wahyu Adventri Wibowo
Date Deposited: 20 Nov 2020 11:18
Last Modified: 20 Nov 2020 11:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24006

Actions (login required)

View Item View Item