ANALISIS DAN EVALUASI MESIN KILN DENGAN PENERAPAN TOTAL PRODUCTIVE MAINTENANCE PADA PABRIK REMBANG PT. SEMEN INDONESIA PERSERO (TBK)

Awandani, Hanif and Azhra, Fariza Halidatsani and Ibrahim, Faisal (2020) ANALISIS DAN EVALUASI MESIN KILN DENGAN PENERAPAN TOTAL PRODUCTIVE MAINTENANCE PADA PABRIK REMBANG PT. SEMEN INDONESIA PERSERO (TBK). In: Industrial Engineering Conference (IEC) 2020, 21 November 2020, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
30. 50.pdf

Download (500kB) | Preview

Abstract

PT Semen Indonesia merupakan sebuah perusahaan manufaktur yang memproduksi semen. Dalam proses produksinya PT Semen Indonesia Pabrik Rembang memiliki masalah yang berhubungan dengan efektivitas mesin yang dapat disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah six big losses. Perbaikan yang dilakukan pada mesin di lini produksi sering kali dianggap sebagai suatu pemborosan karena tidaktepat pada sasaran. Akibat kerusakan tersebut produksi tidak mencapai target dan kualitas produk semen tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan sehingga harus diolah kembali. Oleh sebab itu deiperlukan langkah-langkah efektif dan efisien untu pemeliharaan mesin guna menanggulangi dan mencegah permasalahan tersebut. Total productive Maintenance (TPM) adalah sebuah metode yang dapat digunakan digunakan untuk meningkatkan efektivitas dengan cara meningkatkan fungsi kinerja mesin melibatkan Overall Equpment Effectiveness (OEE) untuk menguukur tingakat efektifitas mesin. dan mengeliminasi. six big losses yang terdapat pada mesin. Objek pada penelitian ini adalah Mesin Kiln 1 pada PT semen Indonesia pabrik Rembang hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang memiliki persentase terbesar dari faktor six big losses mesin kiln 1 adalah breakdown loss sebesar 97%, Persentase terbesar faktor breakdown loss pada kiln 1 terjadi pada bulan April sebesar 33%. Kata Kunci: Total productive Maintenance, Overall Equipment Effectiveness, Kiln, Six Big Losses

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: ST, M.Sc Astrid Wahyu Adventri Wibowo
Date Deposited: 20 Nov 2020 11:22
Last Modified: 20 Nov 2020 11:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23977

Actions (login required)

View Item View Item