ANALISIS ISI PESAN STRATEGI PROMOSI DI AKUN TWITTER BAKPIAPIA DJOGDJA PERIODE BULAN FEBRUARI 2012

AKBAR, NOUVAL (2012) ANALISIS ISI PESAN STRATEGI PROMOSI DI AKUN TWITTER BAKPIAPIA DJOGDJA PERIODE BULAN FEBRUARI 2012. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Abstrak tok.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi internet dan perubahan budaya menjadikan media sosial suatu kebutuhan masyarakat, terutama masyarakat urban, menjadikan vendor-vendor melirik kesempatan ini untuk memfasilitasi berbagai kebutuhan tersebut seperti kebutuhan akan kegiatan promosi. Perkembangan tersebut secara tidak langsung mempengaruhi media khususnya media sosial salah satunya twitter. Atas dasar itulah Bakpiapia Djogdja sebagai salah satu brand dari produk makanan ringan bakpia dari kota Yogyakarta memanfaatkan media sosial yang dalam hal ini adalah twitter sebagai sarana promosinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tentang bagaimana isi pesan strategi promosi di akun twitter Bakpiapia Djogdja periode bulan Februari 2012. Metode yang digunakan adalah analisis isi yaitu teknik penelitian untuk memaparkan isi yang dinyatakan secara obyektif, sistematik dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pesan atau tweet yang terkait penerapan strategi promosi di akun twitter Bakpiapia Djogdja periode bulan Februari 2012, sebanyak 196 pesan tweet. Adapun unit analisis yang digunakan; sasaran pesan, konsep pesan, teknik penyampaian pesan, tujuan promosi, jenis promosi, feedback dan link tambahan informasi. Berdasarkan hasil penelitian melalui unit analisis tersebut tampak bahwa twitter Bakpiapia Djogdja dimanfaatkan sebagai ajang interaksi dua arah kepada audiens ataupun sebaliknya dengan tujuan membangun citra merek tentunya kepada khalayak luas. Bakpiapia Djogdja paham betul bagaimana membangun trust dan kredibilitas, dapat dilihat dari hasil penelitian, dimana setiap pesan tweet nya mempunyai pertimbangan tertentu untuk disampaikan, tentunya menggunakan teknik penyampaian pesan yang disesuaikan dengan segmen pasarnya. ABSTRACT The development of internet technology and cultural change made social medias as a community need, especially for urban community, it made vendors to catch this opportunity to facilitate such needs as the need to have promotion activities. That development had an indirect effect on social media, and one of them was twitter. Based on this, Bakpiapia Djogdja as one of brand of bakpia snack in Yogyakarta city used social media—in this case twitter—as its promotion tools. This study has a purpose to determine the promotion strategy message in twitter account of Bakpiapia Djogdja in the period of February 2012. The method used was content analysis as the research technique to describe the content stated objectively, systematically, and quantitatively. Population in this study was all message or tweet related to the application of promotion strategy in twitter account of Bakpiapia Djogja in the period of February 2012 as many as 196 tweet messages. The unit analysis used were : message object, message concept, message delivering technique, promotion aims, promotion type, feedback and link of additional information. Based on the result of study through the unit analysis it seemed that twitter of Bakpiapia Djogdja was used as a bi-directional interaction tool to the audiences and conversely with a purpose to build a brand image to the community. Bakpiapia Djogdja understood deeply how to build trust and credibility and it could be seen from the result of research, in which each tweet message had a special consideration to deliver, of course, using it used message delivering technique that suited to its market segment.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 24 May 2016 07:56
Last Modified: 24 May 2016 07:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/2321

Actions (login required)

View Item View Item