ANALISIS AKTIVITAS MEDIA RELATIONS PT PUPUK KALTIM GUNA MEMBINA HUBUNGAN BAIK DENGAN PERS

Virajati, Cakra (2012) ANALISIS AKTIVITAS MEDIA RELATIONS PT PUPUK KALTIM GUNA MEMBINA HUBUNGAN BAIK DENGAN PERS. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ANALISIS AKTIVITAS MEDIA RELATIONS PT PUPUK KALTIM (ABSTRAK).pdf

Download (219kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Analisis aktivitas media relations PT Pupuk Kaltim merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan aktivitas media relations yang dilakukan oleh Departemen Humas PT Pupuk Kaltim guna membina hubungan baik dengan pers. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan Manager, Kepala Bagian dan staf bagian publikasi dan dokumentasi Departemen Humas PT Pupuk Kaltim dan insan pers (cetak/elektronik) yang berada di Kota Bontang sebagai key informan dan informan serta obse rvasi terhadap pelaksanaan kegiatan yang telah dilakukan. Analisis data dilakukan melalui penggambaran strategi yang dilakukan oleh Departemen Humas PT Pupuk Kaltim dengan menggunakan teori produksi pesan dan konsep media relations. Jenis - Jenis kegiatan ya ng dilakukan oleh Humas PT Pupuk Kaltim seperti: press conference, press tour, press interview, press gathering, press receptions, press statement, press luncheon, dan press release . Kendala yang dihadapi humas PT Pupuk Kaltim guna membina hubungan pers ya itu: perbedaan pandangan, perbedaan prinsip wartawan dengan staf humas, keterbatasan wartawan dengan staf humas dan gangguan dalam penyampaian informasi kepada wartawan. Adanya hubungan yang harmonis antara Departemen Humas PT Pupuk Kaltim dengan pihak med ia - media di Bontang seperti Bontang Post, Kaltim Post, Koran Kaltim, Tribun Kaltim, PkTV, dan EsKa FM akan menciptakan rasa saling menghargai satu sama lain. Rasa saling menghargai itu tercermin dari pihak media di Kota Bontang maupun Kalimantan Timur yang selalu berusaha untuk melakukan konfirmasi terlebih dahulu terhadap isu atau informasi tersebut menjadi suatu berita di media massa kepada Manajer Humas PT Pupuk Kaltim atau narasumber dari PT Pupuk Kaltim. Bagi PT Pupuk Kaltim media dianggap sebagai sara na yang dapat membantu perusahaan untuk menjangkau publik perusahaan yang tersebar. PT Pupuk Kaltim selalu berusaha untuk memberikan pelayanan terbaiknya terhadap media. PT Pupuk Kaltim menganggap pers adalah mitra bagi perusahaan yang harus saling menghor mati satu sama lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 24 May 2016 06:50
Last Modified: 24 May 2016 06:50
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/2292

Actions (login required)

View Item View Item