PENGARUH PROFITABILITAS DAN COPORATE RISK TERHADAP TAX AVOIDANCE DENGAN LEVERAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi kasus pada perusahaan pertambangan batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2017)

HUSNA, MIFTAHUL (2020) PENGARUH PROFITABILITAS DAN COPORATE RISK TERHADAP TAX AVOIDANCE DENGAN LEVERAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi kasus pada perusahaan pertambangan batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2017). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LEMBAR JUDUL SKRIPSI.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (373kB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI Miftahul Husna, Nomor Induk Mahasiswa 152150093, Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul Penelitian ini ialah “Pengaruh Profitabilitas Dan Corporate Risk Terhadap Tax Avoidance Dengan Leverage Sebagai Variabel Intervening (Studi kasus pada perusahaan pertambangan batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2017). Dosen Pembimbing satu (1) Sadeli, Dosen Pembimbing dua (2) Adi Soeprapto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari profitabilitas, corporate risk dan leverage baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap tax avoidance. Jenis penelitian ini ialah explanatory research. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling. Populasi pada penelitian ini ialah sebanyak 24 perusahaan dan setelah diseleksi melalui kriteria yang telah ditentukan peneliti, maka ditemukan jumlah sampel sebanyak 7 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis jalur. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh negatif signifikan terhadap tax avoidance, profitabilitas berpengaruh negatif signifikan terhadap leverage dan corporate risk berpengaruh positif signifikan terhadap tax avoidance. Corporate risk terhadap tax avoidance dan leverage terhadap tax avoidance menunjukkan hasil tidak berpengaruh signifikan. Secara tidak langsung, tidak mampu memediasi pengaruh profitabilitas dan corporate risk terhadap tax avoidance. Kesimpulan dari penelitian ini antara lain profitabilitas berpengaruh siginifikan terhadap tax avoidance, profitabilitas dan corporate risk berpengaruh siginifikan terhadap leverage. Saran dari penelitian ini ditujukan untuk perusahaan yang diteliti. Bagi perusahaan disarankan untuk memperkecil penggunaan hutang dalam struktur modal perusahaan, karena banyaknya hutang tidak dapat memengaruhi besara pajak yang akan dibayarkan dan akan berdampak pada semakin tingginya risiko perusahaan. Kata Kunci : Tax avoidance, profitabilitas, corporate risk, dan leverage.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 03 Feb 2020 06:54
Last Modified: 03 Feb 2020 06:54
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22373

Actions (login required)

View Item View Item