Model Persediaan Komponen dengan Waktu Antar Kerusakan Berdistribusi Weibull Dua Parameter dan Fungsi Permintaan Kuadratik

Nafisah, Laila (2009) Model Persediaan Komponen dengan Waktu Antar Kerusakan Berdistribusi Weibull Dua Parameter dan Fungsi Permintaan Kuadratik. In: PROSTDTNG rEC 2009INTEGRATED SUPttY CHAIN MANAGEMENT AS THE NEW FRONTIER OF COMPETITIVE ADVANTAGE, 15 Desembr 2009, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
IEC 2009_Laila Nafisah.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sebuah industri manufaktur selalu membutuhkan ketersediaan mesin yang maksimal. Penggunaan mesin secara terus-menerus dalam memproduksi suatu barang dapat mengakibatkan mulai dari terjadinya penurunan kinerja sampai dengan terjadinya kerusakan komponen pendukung dari mesin tersebut. Ada kalanya sebuah komponen dari suatu mesin mengalami kerusakan dan tidak dapat diperbaiki lagi (non repairable). Jika demikian, perusahaan harus dapat menentukan berapa jumlah komponen yang harus disediakan dan kapan perusahaan akan melakukan pemesanan komponen tersebut agar proses produksi berjalan dengan lancar dan total biaya persediaan minimal. Salah satu metode yang bisa diterapkan adalah metode yang didasari atas persamaan deferensial linier yang diakomodasikan dengan tingkat permintaan yang berbentuk persamaan kuadratik dan antar waktu kerusakan komponen berdistribusi weibull dua parameter, lalu mengubahnya ke dalam deret tak berhingga atau suku ke-n dan kemudian hasil optimalnya diperoleh dengan mendeferensialkan total biaya persediaannya secara parsial.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: model Wrsediaan, disiibusi weibu$ dua parameter, tingkat permintaan kuadrali
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: S.T, M.T LAILA NAFISAH
Date Deposited: 27 Jan 2020 04:04
Last Modified: 27 Jan 2020 04:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22267

Actions (login required)

View Item View Item