PERANCANGAN PERAWATAN MESIN CETAK OFFSET MENGGUNAKAN PENDEKATAN RCM (RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE) (Studi Kasus pada PT. Intan Sejati Klaten, Jawa Tengah)

Pribadi, Christian Agung (2019) PERANCANGAN PERAWATAN MESIN CETAK OFFSET MENGGUNAKAN PENDEKATAN RCM (RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE) (Studi Kasus pada PT. Intan Sejati Klaten, Jawa Tengah). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Mesin cetak offset merupakan salah satu mesin vital pada proses produksi di PT. Intan Sejati Klaten sehingga keandalannya harus tetap terjaga agar proses produksi dapat berjalan dengan baik. Penggunaan mesin cetak offset pada proses produksi secara terus-menerus dapat menurunkan kehandalan dari mesin tersebut sehingga dapat mengakibatkan kerusakan yang menimbulkan downtime. Proses perawatan mesin yang diterapkan selama ini belum memiliki penjadwalan yang terkonsep dengan baik. Untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu diterapkan program maintenance yang tepat sehingga mesin mampu untuk beroperasi optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan merancang penjadwalan perawatan komponen mesin cetak dengan menggunakan pendekatan Reliability Centered Maintenace (RCM) agar dapat meningkatkan kehandalan mesin sehingga dapat meminimasi downtime kerusakan mesin cetak. RCM adalah sebuah pendekatan yang digunakan untuk identifikasi penyebab kegagalan pada suatu sistem. Proses RCM memiliki beberapa tahapan, salah satunya adalah membuat Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) untuk mengidentifikasi penyebab dan dampak kegagalan masing-masing komponen terhadap sistem, dan Logic Tree Analysis (LTA) untuk mengevaluasi konsekuensi yang dihadapi ketika kegagalan terjadi dan melakukan pemilihan tindakan direkomendasikan untuk memperbaiki kegagalan yang terjadi. Berdasarkan pengolahan data dan analisis, diperoleh 18 komponen yang memiliki mode kegagalan berbeda dari mesin cetak offset. Berdasarkan mode kegagalan tersebut dilakukan identifikasi untuk memperoleh rekomendasi perawatannya. Hasil rekomendasi perawatan untuk mesin cetak offset ini terdiri dari 6 tindakan scheduled on condition task, 7 tindakan scheduled restoration task, dan 5 tindakan scheduled discard task dengan masing-masing task memiliki interval perawatan tertentu sesuai dengan hasil identifikasi distribusi data kerusakannya. Kata kunci: Reliability Centered Maintenace (RCM), mesin cetak offset, Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), Logic Tree Analysis (LTA)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 23 Jan 2020 04:19
Last Modified: 23 Jan 2020 04:19
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22253

Actions (login required)

View Item View Item