KAJIAN TEKNIS ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT UNTUK MEMENUHI TARGET PRODUKSI BATUBARA DI SITE A MANUKWARI PT. TANTRA COALINDO INTERNATIONAL KABUPATEN INDRAGIRI HULU, RIAU

FAHMI, ILHAMUL (2020) KAJIAN TEKNIS ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT UNTUK MEMENUHI TARGET PRODUKSI BATUBARA DI SITE A MANUKWARI PT. TANTRA COALINDO INTERNATIONAL KABUPATEN INDRAGIRI HULU, RIAU. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER (ILHAM).pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKASAN (ILHAM).pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI (ILHAM).pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Kegiatan penambangan di PT. Tantra Coalindo Internasional dengan metode tambang terbuka (surface mining), pada penambangan menggunakan alat-alat mekanis seperti, excavator untuk alat pembongkaran dan alat muat serta dump truck sebagai alat angkut. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat produktivitas dari masing-masing alat mekanis untuk bisa mencapai target produksi yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Kegiatan penambangan batubara pada saat ini menggunakan alat galimuat excavator Hyundai Robex 330 Lc-9s dan diangkut menggunakan dump truck Hino 260 JD menuju stockROM. Permasalahan yang terjadi pada saat ini yaitu belum tercapainya target produksi penambangan batubara sebesar 1.500 ton/hari. Hasil perhitungan aktual dilapangan produksi yang mampu dihasilkan 1 alat muat excavator Hyundai Robex 330 Lc-9s adalah 1.655,50 ton/hari dan produksi 3 dump truck Hino 260 JD adalah sebesar 1.229,14 ton/hari, sehingga harus dilakukan perbaikan terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja alat angkut agar dapat mencapai target produksi. Peningkatan produksi dapat dilakukan dengan cara mengurangi hambatanhambatan kerja yang dapat dihindari, dengan menggunakan waktu modus di bawah rata-rata (mean), penambahan curah bucket pada alat muat pada saat mengisi bak dump truck. Setelah dilakukan perbaikan, waktu kerja efektif alat angkut dari 59,27% meningkat menjadi 68,03%, jumlah curah bertambah dari 15 menjadi 16 kali curah pada pengisian bak dump truck. Produksi alat angkut meningkat dari 1.229,14 ton/hari menjadi 1.504,80 ton/hari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 20 Jan 2020 08:26
Last Modified: 20 Jan 2020 08:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22187

Actions (login required)

View Item View Item