EVALUASI SAFE MUD WINDOW MENGGUNAKAN SOFTWARE DRILLWORK PADA SUMUR “P-001” LAPANGAN “Z”

PRATAMA, ILHAM (2020) EVALUASI SAFE MUD WINDOW MENGGUNAKAN SOFTWARE DRILLWORK PADA SUMUR “P-001” LAPANGAN “Z”. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (401kB) | Preview
[thumbnail of 6.DAFTAR ISI fix.pdf]
Preview
Text
6.DAFTAR ISI fix.pdf

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 5.RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
5.RINGKASAN.pdf

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi-IlhamPratama-113130024-Evaluasi-Safe-Mud-Window-Menggunakan-Software-Drillwork-Pada-Sumur-P-001-Lapangan-Z.pdf] Text
Skripsi-IlhamPratama-113130024-Evaluasi-Safe-Mud-Window-Menggunakan-Software-Drillwork-Pada-Sumur-P-001-Lapangan-Z.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Operasi pemboran memerlukan perencanaan berat lumpur atau mud weight yang tepat, Mengingat salah satu fungsi lumpur pemboran adalah mengimbangi tekanan formasi. Pada sumur P-001 terdapat problem loss circulation yang terjadi pada formasi G dengan lithology limestone. Problem loss circulation tersebut terjadi pada kedalaman 6789 ft TVD. Lithologi formasi sumur P-001 di dominasi oleh shale yang mempunyai potensi collapse jika mudweight lebih rendah dari collapse pressure dan pore pressure yang ada. Berbagai Problem dapat timbul akibat perencanaan berat lumput yang kurang tepat. Oleh karena itu diperlukan analisa terhadap penggunaan berat lumput pemboran pada sumur P-001.
Dalam melakukan analisa ini, langkah awal yang dilakukan adalah pengumpulan data, yaitu gamma ray log, density log, sonic log dan resistivity log. Akan tetapi pada analisa ini tidak menggunakan data resistivity log karena data yang kurang lengkap. Selain berbagai log tersebut, dibutuhkan juga data mud weight actual, trajectory, leak of test, final well report dan lithology dari masing masing formasi. Tahapan selanjutnya adalah penentuan tekanan bawah permukaan yaitu overburden pressure, pore pressure dan fracture pressure menggunakan Drillwork Software. kemudian dilakukan penambahan parameter berupa minimum horizontal stress, maximum horizontal stress dan shear failure gradient.
Korelasi dengan problem yang ada pada saat pemboran tidak dapat dilakukan karena problem loss circulation pada sumur P-001 berada pada lithology limestone. Akan tetapi perencanaan berat lumpur sebaiknya disesuaikan dengan safe mud window. karena meskipun berat lumpur yang digunakan diatas pore pressure masih memungkinkan terjadi problem caving, sehingga diperlukan parameter shear failure gradient. Berat lumpur yang direkomendasikan untuk sumur P-001 yaitu, pada trayek casing intermediate kedalaman 892-2848 ft TVD menggunakan MW pada range 10,5-11 ppg dan kedalaman 2853-5000 ft TVD dengan MW pada range 11,4-12 ppg.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 20 Jan 2020 02:59
Last Modified: 23 Feb 2023 02:15
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22155

Actions (login required)

View Item View Item