KAJIAN TEKNIS PENCAMPURAN BATUBARA PRODUK E4900 UNTUK MEMENUHI PERMINTAAN KONSUMEN DOMESTIK DI PT. ADARO INDONESIA

AQILA, MAULIDINA FARAH (2020) KAJIAN TEKNIS PENCAMPURAN BATUBARA PRODUK E4900 UNTUK MEMENUHI PERMINTAAN KONSUMEN DOMESTIK DI PT. ADARO INDONESIA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 3. Cover.pdf]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 5. Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of 2. Abstract.pdf]
Preview
Text
2. Abstract.pdf

Download (350kB) | Preview
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (322kB) | Preview
[thumbnail of 1.-Skripsi-Full.pdf] Text
1.-Skripsi-Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

PT. Adaro Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan. Salah satu produk yang dijual adalah batubara E4900. E4900 merupakan suatu produk yang dihasilkan melalui proses pencampuran dari beberapa jenis batubara dengan kualitas dan kuantitas tertentu. Metode pencampuran yang digunakan perusahaan adalah metode truck by truck, dimana alat angkut yang digunakan oleh PT. Adaro Indonesia adalah double vessel trailer kapasitas 135 ton. Jumlah trailer yang digunakan berpengaruh pada proporsi tiap batubara yang digunakan untuk pencampuran.
Salah satu konsumen domestik PT. Adaro Indonesia adalah PEC 3 memberikan syarat kualitas batubara E4900 dengan CV ≥4.800 Kkal/kg, TM ≤ 28,9%, Ash ≤ 2,5%, dan tonase 99.600 ton. Dari syarat yang diberikan tersebut PT. Adaro Indonesia telah melakukan pemecahan(breakdown) dengan mengirimkan 7 buah tongkang yang mengangkut batubara hasil pencampuran. Namun terdapat 3 buah tongkang; yaitu Pulau Tiga 366, MDM 10, dan Finacia 102 mengangkut batubara hasil pencampuran dengan kualitas melebihi batas yang telah ditetapkan oleh perusahaan dan konsumen.
Kelebihan kualitas disebabkan oleh kesalahan manajemen perusahaan terhadap trailer yang akan dumping di hopper sehingga beberapa trailer yang seharusnya digunakan untuk memenuhi pencampuran lainnya, justru menumpahkan batubara pada hopper yang digunakan untuk memenuhi pencampuran Pulau Tiga 366 dan MDM 10.
Penambahan pengawasan terhadap trailer yang dumping di hopper dilakukan untuk mengurangi resiko terjadinya kesalahan kualitas batubara yang masuk ke dalam hopper sehingga kualitas hasil akhir pencampuran tidak jauh dari target yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 17 Jan 2020 04:29
Last Modified: 23 Feb 2023 01:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22141

Actions (login required)

View Item View Item