PERILAKU KOMUNIKASI INTERPERSONAL PECANDU GAME ONLINE (Studi Kasus Pecandu Game Online Mobile Legends Dalam Komunitas Game Zeus Is Back Yogyakarta)

Wicaksono, Happy Aprillio Bagus (2020) PERILAKU KOMUNIKASI INTERPERSONAL PECANDU GAME ONLINE (Studi Kasus Pecandu Game Online Mobile Legends Dalam Komunitas Game Zeus Is Back Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-FULL.pdf] Text
SKRIPSI-FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi dewasa ini berlangsung sangat
cepat. Hal ini mempengaruhi munculnya game online yang telah merajalela
dikalangan remaja maupun komunitas. Game online kini telah menjadi suatu
candu yang bisa membuat para pemainnya mengurangi kegiatan lain. Salah satu
game online yang saat ini tengah digandrungi sebagian masyarakat khususnya
para remaja hingga dewasa awal yaitu Mobile Legends. Meningkatnya aktivitas
dalam bermain game online Mobile Legends tidak berbanding lurus dengan
perilaku komunikasi para pemainnya, maka dari itu timbul lah perbedaan
perilaku komunikasi interpersonal didalam dunia virtual maupun diluar dunia
virtual. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa motivasi bermain
anggota komunitas pecandu game online Mobile Legeds, bagaimana interaksi
anggota pecandu game online Mobile Legends didalam dunia virtual, dan
bagaimana interaksi anggota komunitas pecandu game online Mobile Legends
diluar dunia virtual. Teori pendukung yang peneliti gunakan adalah teori
motivasi David McClelland. Metode dalam penelitian ini menggunakan
deskriptif kualitatif dengan menggunakan enam key informan angggota
komunitas Zeus Is Back pecandu game online Mobile Legends dan satu informan
pendukung yaitu anggota komunitas lain. Hasil dari penelitian ini yaitu motivasi
bermain anggota komunitas Zeus Is Back pecandu game online Mobile Legends
didasarkan pada kebutuhan untuk mencapai penghargaan dengan menaikan
MMR (Mode Match Ranking). Interaksi anggota komunitas Zeus Is Back
pecandu game online Mobile Legends di dalam dunia virtualnya cukup aktif, hal
ini dikarenakan bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat terhadap
game online yang sama. Walaupun dalam kenyataannya anggota komunitas Zeus
Is Back pecandu game online mobile legends tetap melakukan interaksi di luar
dunia virtual namun interaksi tersebut tidak cukup aktif, dikarenakan ketika
anggota komunitas Zeus Is Back berkomunikasi di luar dunia virtual, hal itu
dilakukan hanya sebagai pendekatan antaranggota di komunitas tersebut.
Kata Kunci: Game Online, Mobile Legends, Perilaku Interpersonal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 17 Jan 2020 04:11
Last Modified: 22 Feb 2023 04:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22137

Actions (login required)

View Item View Item