HUBUNGAN ANTARA WELL LOGGING DAN KUALITAS LAPISAN BATUBARA DI ANTIKLIN PALARAN KECAMATAN LOA JANAN, KABUPATEN KUTAI KERTANEGARA, KALIMANTAN TIMUR

RAFSANJANI, ARIF RAHMAN (2019) HUBUNGAN ANTARA WELL LOGGING DAN KUALITAS LAPISAN BATUBARA DI ANTIKLIN PALARAN KECAMATAN LOA JANAN, KABUPATEN KUTAI KERTANEGARA, KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kualitas lapisan batubara di Antiklin Palaran, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kertanegara, Provinsi Kalimantan Timur dijumpai sangat bervariasi baik secara lateral maupun vertikal. Dalam eksplorasi batubara, penentuan kualitas lapisan batubara merupakan bagian yang penting dalam penentuan spesifikasi dan cadangan lapisan batubara. Sebuah lapisan batubara dapat diketahui kualitas lapisannya menggunakan data geosains, uji laboratorium, dan displin ilmu lainnya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode geofisika yang dipergunakan dalam eksplorasi batubara ialah metode well logging. Data yang diolah yakni 11 titik pengukuran touch coring + logging dan 39 titik pengukuran open hole dengan variasi kedalaman dan elevasi yang berbeda-beda serta uji laboratorium kualitas lapisan batubara di daerah penelitian. Data hasil perekaman well logging ditampilkan ke dalam bentuk kurva dan dilakukan interpretasi litologi kemudian dilakukan korelasi secara on strike dan cross strike. Selain itu, dilakukan analisis hubungan densitas dan vshale dengan kualitas lapisan batubara yakni total mositure, ash content, total sulfur, dan kalori dalam bentuk grafik korelasi trendline observasi scatterplots bivariant. Hasil penelitian didapatkan fenomena variasi kualitas baik secara lateral maupun vertikal. Secara lateral didapatkan kualitas yang cenderung menurun ke arah Baratdaya. Secara vertikal memiliki nilai kualitas yang cenderung menurun ke arah tenggara (lapisan muda). Hal ini berkaitan dengan keberadaan cleat pada lapisan batubara yang dipengaruhi adanya penunjaman di Baratdaya daerah penelitian. Pada analisis hubungan densitas dan vshale dengan kualitas lapisan batubara menggunakan metode trendline scatterrplot bivariant daerah penelitian memiliki hubungan korelasi cukup kuat- sangat kuat. Dari analisa hubungan densitas dengan total mositure memiliki variasi negatif R2 = 73,9% (korelasi kuat). Hubungan densitas dengan ash content memiliki variasi negatif R2 = 75,37% (korelasi sangat kuat). Hubungan densitas dengan total sulfur memiliki variasi positif R2 = 71,14% (korelasi kuat). Hubungan densitas dengan kalori memiliki variasi positif R2 = 75,69% (korelasi sangat kuat). Hubungan vshale dengan ash content memilki variasi positif R2 = 68,21% (korelasi kuat), sedangkan hubungan vshale dengan kalori memiliki variasi negatif R2 = 75,32% (korelasi sangat kuat).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 16 Jan 2020 08:26
Last Modified: 16 Jan 2020 08:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22124

Actions (login required)

View Item View Item