ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN GO-JEK VERSI “KERJA SAMA GOJEK DENGAN AJI MUMPUNG”

Za’in, Eka Cipta Nur (2020) ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN GO-JEK VERSI “KERJA SAMA GOJEK DENGAN AJI MUMPUNG”. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (445kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (316kB) | Preview

Abstract

Periklanan memiliki peranan penting dalam dunia pemasaran. Dengan adanya
iklan, masyarakat dapat mengetahui informasi mengenai suatu produk atau jasa dan
tertarik menggunakannya. Hal tersebut yang menyebabkan para pengiklan berusaha
sebaik mungkin dalam membuat konten iklan. Tidak terkecuali perusahaan Gojek
yang menawarkan jasa melalui iklan. Iklan Go-Jek versi “Kerja Sama Gojek dengan
Aji Mumpung” memiliki daya tarik tersendiri karena dirilis berdekatan dengan
agenda pemilu dan mengangkat fenomena yang dekat dengan masyarakat. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna yang ingin disampaikan oleh
Gojek dari berbagai tanda yang ditampilkan pada iklan tersebut. Penelitian ini
merupakan penelitian analisis deskriptif kualitatif dengan menggunaka n
pendekatan semiotika Roland Barthes untuk mengungkap makna melalui denotasi,
konotasi, dan mitos yang ditampilkan pada iklan tersebut. Data diperoleh melalui
analisis yang diambil dari sampel potongan adegan dalam iklan. Validitas data pada
penelitian diperoleh dengan cara menggunakan tiga dari sembilan formula yang ada
untuk mendapatkan hasil penelitian yang objektif. Hasil penelitian menunjukka n
bahwa PT. Go-Jek Indonesia sebagai komunikator berusaha memberika n
pemaknaan kepada konsumennya bahwa Gojek menawarkan berbagai kemudahan
kepada masyarakat dengan memberikan banyak promo menarik. Selain itu, Gojek
juga membangun kesan bahwa aplikasi Gojek merupakan solusi dari berbagai
permasalahan di masyarakat yang ditunjukkan dari berbagai elemen visual yang
terdapat pada iklan tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 10 Jan 2020 07:12
Last Modified: 10 Jan 2020 07:12
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22031

Actions (login required)

View Item View Item