STUDI DRAMATISME PENYAMPAIAN PESAN TENTANG MAKNA KELUARGA DALAM FILM KELUARGA CEMARA (ANALISIS PENTAD)

Choirunnisa, Filia Yana (2020) STUDI DRAMATISME PENYAMPAIAN PESAN TENTANG MAKNA KELUARGA DALAM FILM KELUARGA CEMARA (ANALISIS PENTAD). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

Komunikasi baik verbal maupun non verbal menjadi sesuatu yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia untuk kebutuhan berinteraksi satu sama lain karena manusia adalah makhluk sosial. Dalam hal ini, keluarga adalah lembaga pendidikan paling awal dan utama yang mengajarkan komunikasi kepada seseorang, selain pula mengajarkan nilai dan norma kehidupan. Keluarga memberikan dasar atau contoh perilaku bagaimana seseorang harus bersikap, seperti cara berpendapat dan bertindak untuk menyelesaikan konflik, cara berbicara dan bertindak guna menghormati orang yang lebih tua dan lain sebagainya. Namun sayangnya, dewasa ini terdapat permasalahan yang berhubungan dengan makna keluarga. Beberapa kasus menunjukkan seolah hubungan keluarga tidak ada maknanya. Dalam kaitannya dengan ini, film bisa menjadi salah satu media untuk berperan dalam mengkomunikasikan pesan tentang makna keluarga kepada masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini menganalisis film berjudul Keluarga Cemara dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penyampaian pesan mengenai makna keluarga dalam film Keluarga Cemara dan mengetahui pesan mengenai makna keluarga tersebut dalam film ini. Penelitian menggunakan studi dramatisme dengan metode analisis pentad Kenneth Burke dengan lima titik yaitu aksi (act), adegan (scene), agen (agent), agensi (agency), dan tujuan (purpose). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat adegan-adegan pada film Keluarga Cemara yang menyampaikan pesan tentang makna keluarga yang dapat dikategorikan menjadi enam kategori sesuai dengan teori mengenai makna keluarga yang dikemukakan oleh Sabatelli dan Saechan. Enam kategori makna keluarga yang ditunjukkan dalam adegan di film Keluarga Cemara adalah bahwa keluarga adalah orang terdekat (disampaikan dalam 3 adegan), harta yang paling berharga (3 adegan), segala-galanya (5 adegan), tempat/wadah (1 adegan), bagian terpenting (3 adegan), dan kehidupan (2 adegan).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 10 Jan 2020 03:09
Last Modified: 10 Jan 2020 03:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22001

Actions (login required)

View Item View Item