MODEL PENGELOLAAN RISIKO BENCANA BERBASIS KOMUNITAS KAWASAN KARST GOMBONG, SUB-KAWASAN KALISIRAH, KABUPATEN KEBUMEN PROVINSI JAWA TENGAH

Jauhari, Arif (2020) MODEL PENGELOLAAN RISIKO BENCANA BERBASIS KOMUNITAS KAWASAN KARST GOMBONG, SUB-KAWASAN KALISIRAH, KABUPATEN KEBUMEN PROVINSI JAWA TENGAH. Masters thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Arif Jauhari_214160009_Tesis_cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Arif Jauhari_214160009_Tesis_abstrak.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Arif Jauhari_214160009_Tesis_halaman-pengesahan.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Arif Jauhari_214160009_Tesis_daftar-isi.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Karst Gombong ditetapkan sebagai Kawasan Bentang Alam Karst (KBAK) berdasarkan Kepmen ESDM 3873K/40/MEM/2014, tetapi belum mencakup seluruh kawasan karst. Kawasan yang belum masuk dalam KBAK rentan terhadap ancaman pertambangan batugamping yang dapat merusak tata air kawasan karst. Salah satu Kawasan yang belum masuk adalah Karst Kalisirah di Kecamatan Buayan. Karst Kalisirah terdapat beberapa sungai bawah tanah dan banyak mataair yang menghidupi ribuan masyarakat seperti Mataair Kalisirah dan Ledeng/Banyumudal. Keberadaan mataair ini sebagai potensi daerah sekaligus merupakan kerentanan kawasan apabila kelestarian mataair ini terganggu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keberadaan sungai bawah tanah, Kawasan hulu dan tangkapan sumber air, ketergantungan warga terhadap mataair, kerentanan air tanah, hubungan antara indikator prasyarat sebagai kawasan lindung dan kondisi faktual kawasan Karst Kalisirah serta model pengelolaan Risiko bencana berbasis komunitas. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, melalui survei speleologi, kerja partisipatif (PRA), analisis EPIK. Hasil penelitian menunjukkan daerah penelitian telah berkembang mataair permanen dan sungai bawah tanah. Tinggian di sekitar Gua Pucung merupakan kawasan hulu dan merupakan daerah tangkapan air sistem sungai bawah tanah Karst Kalisirah. Masyarakat di sekitar sangat tergantungan terhadap sumber air yang berasal dari kawasan karst. Air tanah Karst Kalisirah mempunyai kerentanan yang tinggi. Indikator prasyarat sebagai kawasan lindung dan kondisi faktual kawasan Karst Kalisirah layak untuk diusulkan dalam penambahan KBAK. Model pengelolaan Risiko bencana berbasis komunitas di kawasan karst Karst Kalisirah dimulai dari penyamaan persepsi, pelatihan dan kegiatan mandiri pendataan eksokarst dan pola konsumsi (pemahaman); FGD dan sosialisasi dengan tambahan materi dari hasil penelitian dan kegiatan lapangan pemuda (kesadaran kritis); dilanjutkan rencana aksi mewujudkan kawasan konservasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 09 Jan 2020 07:09
Last Modified: 09 Jan 2020 07:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21974

Actions (login required)

View Item View Item