PENGARUH BIMBINGAN TEKNIS, TUGAS POKOK DAN FUNGSI (TUPOKSI), MEKANISME PENATAUSAHAAN KEUANGAN DESA TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DESA WILAYAH KABUPATEN BANTUL

Wibowo, Koncar (2019) PENGARUH BIMBINGAN TEKNIS, TUGAS POKOK DAN FUNGSI (TUPOKSI), MEKANISME PENATAUSAHAAN KEUANGAN DESA TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DESA WILAYAH KABUPATEN BANTUL. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (278kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh bimbingan teknis, pemahaman tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dalam organisasi, mekanisme penatausahaan keuangan desa terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa. Variabel dependen yang digunakan adalah akuntabilitas pengelolaan keuangan desa. Populasi dalam penelitian ini adalah perangkat desa yang berada di Kabupaten Bantul yang terlibat dalam pengelolaan keuangan desa. Pengelolaan keuangan desa dilaksanakan oleh kepala desa dan Pelaksana Teknis Pengelolaan Keuangan Desa (PTPKD) yang terdiri atas sekretaris desa, bendahara desa, dan kepala seksi. Sampel yang dikumpulkan menggunakan metode purposive sampling. Total 105 kuesioner yang dibagikan kepada 9 kecamatan di Kabupaten Bantul. Metode analisis penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan teknis, pemahaman tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dalam organisasi, mekanisme penatausahaan keuangan desa berpengaruh signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa. Hasil koefisien determinasi menunjukkan sebesar 66,3%. Hasil tersebut menandakan kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen, sementara 33,7% dijelaskan oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 19 Dec 2019 06:11
Last Modified: 19 Dec 2019 06:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21882

Actions (login required)

View Item View Item