PENGARUH BUDAYA SEKOLAH, KOMPETENSI, DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PADA SD KANISIUS KOTA YOGYAKARTA

BABO, MARGARETHA VEBRENCIA (2019) PENGARUH BUDAYA SEKOLAH, KOMPETENSI, DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PADA SD KANISIUS KOTA YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img] Text
1 TESIS UPN LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 COVER.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya sekolah, kompetensi dan kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap kinerja Guru pada SD Kanisius Kota Yogyakarta. Populasi pada penelitian ini adalah guru SD Kanisius Kota Yogyakarta yang berjumlah 76 orang dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari budaya sekolah terhadap kinerja guru SD Kanisius Kota Yogyakarta. Kedua, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari kompetensi terhadap kinerja guru SD Kanisius Kota Yogyakarta. Ketiga, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SD Kanisius Kota Yogyakarta. Keempat, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari budaya sekolah, kompetensi, dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SD Kanisius Kota Yogyakarta. Kelima, Variabel kompetensi memberikan pengaruh terbesar. Hasil penelitian membuktika bahwa kompetensi profesional guru SD Kanisius Kota Yogyakarta memiliki rerata paling rendah dari ketiga kompetensi lainnya. Artinya, guru SD Kanisius Kota Yogyakarta harus lebih mengoptimalkan kemampuaannya dalam menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu, menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran /bidang pengembangan yang diampu, mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif, mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif, dan memanfaatkan teknologi infomasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri. Kata kunci: Budaya Sekolah, Kompetensi, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 18 Dec 2019 02:43
Last Modified: 18 Dec 2019 02:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21862

Actions (login required)

View Item View Item