EVALUASI KINERJA GAS CONDITIONING TOWER PADA PLANT 8 PT. INDOCEMENT TUNGGAL PRAKARSA Tbk

SITARESMI, ARDHIA AGNES IFADHATI (2019) EVALUASI KINERJA GAS CONDITIONING TOWER PADA PLANT 8 PT. INDOCEMENT TUNGGAL PRAKARSA Tbk. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (465kB) | Preview
[thumbnail of TA-Full.pdf] Text
TA-Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Gas Conditioning Tower (GCT) berfungsi untuk mengkondisikan temperatur gas panas sisa keluar dari suspension preheater yang akan menuju electrostatic precipitator. Gas panas masuk gas conditioning tower berasal dari suspension preheater. Gas panas keluaran dari suspension preheater diturunkan temperaturnya di gas conditioning tower, jika raw mill sedang beroperasi maka gas panas yang keluar gas conditioning tower akan masuk ke dalam raw mill untuk dimanfaatkan sebagai pengering, tetapi jika raw mill sedang tidak beroperasi maka gas panas keluar gas conditioning tower akan masuk ke dalam electrostatic precipitator untuk dibuang sebagai emisi. Seluruh gas panas keluar gas conditioning tower tidak melebihi 150°C. Adapun tujuan dari dilakukannya kerja praktek ini adalah untuk mengetahui kinerja gas conditioning tower dalam penurunan temperatur keluaran dari suspension preheater, sehingga gas panas yang akan dibuang tidak membahayakan lingkungan.
Kerja praktek tentang evaluasi kinerja gas conditioning tower ini dilaksanakan di PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. pada tanggal 4 Maret sampai 4 Mei 2019. Metode yang penyusun gunakan dalam pengumpulan data pada Central Control Panel (CCP) untuk menyelesaikan kerja praktek ini adalah studi lapangan yang mencakup observasi lapangan dan wawancara, serta tinjauan kepustakaan.
Kondisi gas conditioning tower dalam penurunan temperatur gas panas pada plant 8 PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk masih berjalan pada kondisi normal ditinjau dari temperatur gas panas keluar sistem yaitu kurang dari 150°C. Berdasarkan hasil perhitungan neraca panas di dapatkan panas yang hilang dan persentase efisiensi pada perhitungan tiga data. Pada tanggal 27 Maret 2019 sebesar 453012,911 kal/hr dengan efisiensi 79,41%, tanggal 16 April 2019 sebesar 450971,574 kal/hr dengan efisiensi 79,31%, dan tanggal 2 Mei 2019 sebesar 468007,937 kal/hr dengan efisiensi 78,82%. Panas yang hilang tersebut merupakan perpindahan panas konveksi dan nilai efisiensi yang di dapat masih berada dalam kondisi normal karena sistem masih dapat menurunkan suhu sesuai yang diinginkan.
Kata kunci : gas conditioning tower, neraca panas, efisiensi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 17 Dec 2019 04:40
Last Modified: 11 Jan 2023 06:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21844

Actions (login required)

View Item View Item