MEDIA PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN UNTUK ANAK DISLEKSIA DENGAN ALGORITMA JARO WINKLER DISTANCE DAN ANAGRAM BERBASIS ANDROID

Maryati, Maryati (2019) MEDIA PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN UNTUK ANAK DISLEKSIA DENGAN ALGORITMA JARO WINKLER DISTANCE DAN ANAGRAM BERBASIS ANDROID. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER_123150121_MARYATI.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN_PEMBIMBING_123150121_MARYATI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_123150121_MARYATI.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_123150121_MARYATI.pdf

Download (42kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penderita disleksia adalah orang yang mengalami gangguan membaca dan kesulitan tersebut berdampak pada kesulitan menulis dan membaca. Sebelum usia sekolah, seseorang dengan gangguan disleksia menunjukkan beberapa tanda yaitu terlambat bicara, lambat mempelajari kata-kata baru, kesulitan dalam mengingat urutan, susah dalam melihat persamaan, menulis kata tidak lengkap hurufnya, kesulitan belajar sejak kanak-kanak dan kesulitan menulis. Berdasarkan masalah yang dialami penderita disleksia dibuatlah media pembelajaran untuk membantu penderita diseleksia dengan algoritma Jaro Winkler Distance dan Anagram berbasis android. Algoritma Jaro Winkler Distance dan anagram digunakan untuk memperbaiki kata. Anagram berfungsi untuk memproses huruf didalam kata yang terbalik dan menampilkanya menjadi kata yang sesuai dengan kata yang terdapat di kamus, sementara algoritma Jaro Winkler Distance, merupakan algoritma untuk mengukur kesamaan string satu dengan string yang lain (Kurniawati, 2010). Algoritma perbandingan string ini dapat digunakan untuk proses autocorrect pada kata. Metode penelitian yang dilakukan yaitu dengan melakukan observasi yang dilakukan di Sekolah Diisleksia Cendekia Kudu suntuk dilakukan pencatatan dan pengamatan tentang anak, disleksia dan dilakukan studi pustaka. Pengambilan data juga dilakukan dengan wawancara kepada kepala sekolah para pengajar di sekolah disleksia dan dokumentasi ketika anak disleksia sedang belajar. Penelitian yang dilakukan di Sekolah Disleksia Cendekia Kudus menghasilkan aplikasi disleksia dapat membantu pembelajaran anak dengan disleksia dalam mengenali huruf, angka, kata dan memperbaiki kata. Perbaikan pada kata yaitu dengan menampilkan kata yang hurufnya teracak, atau yang salah satu hurufnya hilang dan menampilkan kata pengetikkan huruf yang dimaksud salah oleh anak penderita disleksia yaitu ‘d’ menjadi ‘b’, ‘a’ menjadi ‘e’, ‘w’ menjadi ‘m’, ‘u’ menjadi ‘n’ dan ‘p’ menjadi ‘q’ . Anak menjadi lebih tertarik untuk menggunakan aplikasi ini dikarenakan antar muka yang menarik disertai gambar-gambar sebagai pendukung. Dengan aplikasi ini orangtua dengan anak yang memiliki disleksia dapat melakukan pembelajaran dimanapun dan kapanpun. Kata kunci : disleksia, autocorrect, Jaro Winkler Distance, anagram, android

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 27 Nov 2019 01:33
Last Modified: 27 Nov 2019 01:33
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21772

Actions (login required)

View Item View Item