KAJIAN REKLAMASI LAHAN BEKAS PENAMBANGAN BATU ANDESIT DI CV. CENTRAL STONE PERKASA, DESA HARGOREJO, KECAMATAN KOKAP, KABUPATEN KULON PROGO

ARDI, SUZENA (2019) KAJIAN REKLAMASI LAHAN BEKAS PENAMBANGAN BATU ANDESIT DI CV. CENTRAL STONE PERKASA, DESA HARGOREJO, KECAMATAN KOKAP, KABUPATEN KULON PROGO. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Aktivitas penambangan CV. Central Stone Perkasa mengakibatkan perubahan bentang alam dan lingkungan. Program reklamasi merupakan salah satu bentuk penanganan dari berubahnya kualitas lingkungan. Penelitian bertujuan untuk merencanakan program reklamasi berupa penatagunaan lahan, revegetasi, dan pemeliharaan. Pelaksanaan penelitian menggunakan penggabungan metode kuantitatif dan metode kualitatif antara teori yang didapat dari studi literatur dan data yang diperoleh dari perusahaan. Data dari perusahaan kemudian diolah untuk dilakukan perencanaan program reklamasi. Penatagunaan lahan yang direncanakan berupa penataan pada jenjang dengan pembentukan kombinasi teras bangku dan teras individu. Teras bangku dilengkapi dengan sistem pengendalian air dan guludan. Dimensi teras bangku memiliki tinggi teras 8 meter dengan bidang olah 5 meter dan kemiringan 30°.. Pembuatan teras menggunakan Hydraulic Rock Breaker sejumlah 2 buah dengan lama pengerjaan 101 hari serta pembentukan teras dibantu Excavator Backhoe dengan pengerjaan 67 hari. Penebaran tanah pucuk zona pengakaran dilakukan dengan metode perataan tanah dengan ketebalan 0,50 meter. Revegetasi dilaksanakan selama 5 tahun dengan area seluas 1,21 hektar dan dilaksanakan seiring kegiatan penambangan. Revegetasi dilakukan dengan penanaman tanaman Sengon. Penanaman dilakukan dengan jarak antar tanaman 3 x 2 meter. Kebutuhan bibit tanaman sebanyak 2.054 bibit. Pelaksanaan revegetasi setiap tahun bevariasi selama 13-14 hari. Pemeliharaan tanaman dilakukan secara berkala berupa penyulaman, penyiraman, penyiangan, pemupukan, dan penegndalian hama dan penyakit. Perhitungan tingkat bahaya erosi sebelum dilakukan reklamasi dilakukan pada tahun kelima berdasarkan data studi kelayakan termasuk dalam kategori sangat berat dengan nilai laju erosi 15.259 ton/ha/th. Nilai laju erosi setelah reklamasi menurun menjadi 27,66 ton/ha/th dengan tingkat bahaya erosi kategori ringan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 07 Nov 2019 07:10
Last Modified: 07 Nov 2019 07:10
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21683

Actions (login required)

View Item View Item