Hapsari, Dini Kartika (2019) MEDIA KOMUNIKASI DALAM PENGEMBANGAN DE’ HALAL MART YOGYAKARTA SEBAGAI BISNIS RITEL ISLAMI. Masters thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
Preview |
Text
3. COVER - DINI KARTIKA HAPSARI - 253160001.pdf Download (25kB) | Preview |
Preview |
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN - DINI KARTIKA HAPSARI - 253160001.pdf Download (234kB) | Preview |
Preview |
Text
2. ABSTRAK - DINI KARTIKA HAPSARI - 253160001.pdf Download (22kB) | Preview |
Preview |
Text
5. DAFTAR ISI - DINI KARTIKA HAPSARI - 253160001.pdf Download (22kB) | Preview |
Abstract
Abstrak
Sebagai peritel baru dengan konsep Islami dan berbeda dari kebanyakan ritel
konvensional sebelumnya, De’ Halal Mart mempunyai berbagai peluang dan
tantangan. Pertumbuhan jumlah penduduk muslim di Indonesia dan meningkatnya
kesadaran masyarakat terhadap pentingnya halal haram dan bahaya riba dalam
Islam tidak serta merta menjadikan masyarakat berbondong-bondong hanya belanja
di toko ritel syariah. Loyalitas pelanggan telah terbentuk oleh ritel-ritel
konvensional sebelumnya yang berdiri lebih dulu. Mengingat De’ Halal Mart
merupakan bisnis berskala lokal dan saat ini menjalankan strategi bisnis dengan
prioritas layanan dan produk, bukan ekspansi, maka strategi media menjadi salah
satu pilihan cara untuk mengembangkan bisnis ini. Penelitian ini menjelaskan
bagaimana penggunaan media komunikasi dalam pengembangan bisnis ritel Islami.
Metode penelitian yang digunakan yakni deskriptif kualitatif dengan analisis data
interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa De’ Halal Mart mempunyai dua
fungsi penting dalam menjalankan aktivitas bisnisnya yakni pemasaran dan
dakwah. Dalam menunjang kedua fungsi bisnis tersebut, dibutuhkan sebuah alat
yang dapat digunakan sebagai perantara untuk menyampaikan pesan dari
perusahaan kepada segenap pemangku kepentingan. Alat perantara tersebut adalah
media. Media disini sebagai message delivery system. De’ Halal Mart
menggunakan kombinasi media komunikasi yang dikenal dengan istilah media mix.
Di era digital saat ini, perkembangan media sosial di Indonesia sangat cepat. Begitu
juga pertumbuhan ekonomi dan bisnis yang relatif meningkat setiap tahun. Jaringan
yang luas dinilai penting dalam perkembangan sebuah bisnis. Untuk itulah, media
sosial menjadi salah satu pilihan media komunikasi bagi De’ Halal Mart. Beberapa
hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan media komunikasi antara lain
pemahaman terhadap fungsi media, melakukan pemilihan target audiens, dan
menganalisis serta menentukan jenis media komunikasi yang tepat bagi perusahaan.
Kata kunci : media komunikasi, bisnis ritel Islami, komunikasi bisnis
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Basir Umaryadi |
Date Deposited: | 17 Oct 2019 07:45 |
Last Modified: | 17 Oct 2019 07:45 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21595 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |