IMPLEMENTASI SERVICE-ORIENTED ARCHITECTURE PADA SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN TEKNOLOGI WEB SERVICE (STUDI KASUS : CBIS UPN “VETERAN” YOGYAKARTA)

Linanzha, Aldila Putri (2019) IMPLEMENTASI SERVICE-ORIENTED ARCHITECTURE PADA SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN TEKNOLOGI WEB SERVICE (STUDI KASUS : CBIS UPN “VETERAN” YOGYAKARTA). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER_123140120_AldilaPL.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN_PENGESAHAN_PEMBIMBING_123140120_AldilaPL.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_123140120_AldilaPL.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_123140120_AldilaPL.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK CBIS (Computer Based Information System) adalah suatu sistem yang sudah sangat lumrah digunakan dalam proses pengolahan data. CBIS digunakan dalam berbagai aspek, salah satunya aspek pendidikan yang biasa disebut CBIS akademik. Di dalam sebuah CBIS akademik, dihimpun beberapa layanan yang dapat menunjang kegiatan seputar akademik pada instansi terkait. CBIS akademik milik UPN “Veteran” Yogyakarta masih terpisah berdasarkan fakultasnya, sehingga data yang digunakan masih berupa single data dan mengakibatkan terjadinya kesulitan ketika terjadi perubahan struktur bisnis pada arsitekturnya karena harus mengubah setiap struktur untuk setiap fakultas serta data yang belum sinkron satu sama lain. Untuk mengatasi hal tersebut, diterapkan Service Oriented Architecture (SOA) pada arsitektur CBIS dan menggunakan teknologi web service sebagai pembuatan layanan-layanan akademik yang dapat digunakan secara bersama-sama oleh fakultas yang ada di UPN “Veteran” Yogyakarta. Database yang terbentuk menjadi satu kesatuan database yang membuat data sudah tersinkron dengan baik. Service yang disediakan dibuat dalam bentuk REST API dan diletakkan pada sistem cloud sehingga akan memudahkan dalam proses akses dan mengubah struktur bisnis untuk kedepannya. Hasil dari pengujian yang melibatkan beberapa sivitas akademik UPN “Veteran” Yogyakarta di Prodi Teknik Informatika menunjukkan bahwa dalam pengujian alpha test memperoleh 10.33% jawaban cukup, 45.33% jawaban setuju dan 47.66 % memberikan jawaban sangat setuju, sehingga dapat dikatakan bahwa sistem sudah memenuhi kebutuhan. Dalam pengujian beta test memperoleh jawaban berupa kesesuaian data atas permintaan yang dikirimkan oleh user sebesar 100%. Dengan menggunakan SOA dan web service diperoleh CBIS yang dapat terintegrasi antar layanan akademik untuk setiap fakultasnya. Katakunci : CBIS Akademik, Service-Oriented Architecture (SOA), Web Service, REST API, Cloud Computing

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 08 Oct 2019 04:27
Last Modified: 08 Oct 2019 04:27
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21547

Actions (login required)

View Item View Item