STRATEGI REBRANDING & BRAND ACTIVATION TVRI DI ERA KONVERGENSI

Flowrenza, Egia (2019) STRATEGI REBRANDING & BRAND ACTIVATION TVRI DI ERA KONVERGENSI. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (19kB) | Preview
[thumbnail of COVER FIX.pdf]
Preview
Text
COVER FIX.pdf

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of HAL. PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
HAL. PENGESAHAN.pdf

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI FULL PDF.pdf] Text
SKRIPSI FULL PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

TVRI adalah televisi pertama dan tertua di Indonesia, dan hingga saat ini
masih eksis di dunia penyiaran. Media akan selalu berkembang setiap saatnya
mengikuti perkembangan jaman yang begitu cepatnya berubah, dan sekarang
sudah mencapai era konvergensi, yaitu segala sesuatu bisa diakses dengan mudah
hanya menggunakan satu platform, Internet. Jadi, untuk bisa mengimbangi
perkembangan era konvergensi, TVRI memerlukan gebrakan baru agar tidak
tertinggal dengan televisi serta media lainnya yang sudah berada di platform
digital. TVRI pun melakukan rebranding. Bagaimanakah strategi rebranding
TVRI di era konvergensi? Dengan menggunakan teori Normatif Media, dimana
merujuk pada gagasan hak dan tanggung jawab yang mendasari pengharapan akan
keuntungan (hal positif) media bagi individu dan masyarakat. Diantara
sumber-sumber pengharapan normatif yang paling mendasar adalah yang berasal
dari konteks sejarah yang membentuk peranan lembaga media. TVRI yang pada
dasarnya selalu memberikan konten positif karena memberikan edukasi dan
informasi yang dapat diterima oleh semua kalangan. Melalui strategi pendekatan
untuk menarik minat kaum milenial, dikarenakan pada era konvergensi ini, kaum
milenial sangat berperan besar, maka dengan cara memahami pikiran (mind
identity) mereka untuk melihat apa yang sedang disenangi oleh kaum milenial,
lalu memahami perilaku (behavior identity) mereka selama menggunakan media
sosial, setelah itu divisualkan (visual identity) hasil dari strategi tersebut melalui
konten-konten yang lebih fresh dan sesuai dengan kategori warna audiens.
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa TVRI masih bisa bertahan dan
mengembangkan ranahnya hingga ke platform digital. Dengan berkolaborasi
bersama kaum milenial untuk membentuk konten-konten yang kreatif namun
tidak meninggalkan sisi edukatif dan informatif dari TVRI. Membangun
kerjasama dengan perusahaan asing untuk mewujudkan tujuan rebranding TVRI
yaitu untuk menjadi World Class Broadcaster.
Kata Kunci : TVRI, branding, era konvergensi, strategi, platform digital, kaum
milenial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 03 Oct 2019 04:41
Last Modified: 03 Oct 2019 04:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21497

Actions (login required)

View Item View Item