Usulan Penjadwalan Preventive Maintenance Komponen Sistem Mekanik Pada Mesin CNC Milling Makino Dengan Reliability Centered Maintenance”.

Azizah, Hakimatul (2019) Usulan Penjadwalan Preventive Maintenance Komponen Sistem Mekanik Pada Mesin CNC Milling Makino Dengan Reliability Centered Maintenance”. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

PT.Waja Teknik Cikarang merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa machining dan forging. Proses maintenance mesin CNC milling PT. Waja Teknik Cikarang di lakukan dalam jangka waktu kurang lebih tiga bulan sekali. Penjadwalan maintenace untuk penggantian komponen mesin di PT. Waja Teknik Cikarang kurang terintegrasi dengan baik. Pada mesin CNC milling tepatnya mesin CNC milling Makino sering terjadi erorr pada komponen mekanik mesin seperti spinlde, axis servo X, axis servo Y, dan axis servo Z. Proses maintenace yang diterapkan PT Waja Teknik Cikarang menggunakan corrective maintenance. Mesin CNC milling Makino mengalami downtime maka proses produksi akan terhenti sampai mesin diperbaiki dan dapat beroperasi kembali. Kendala yang terjadi pada mesin CNC milling di PT Waja Teknik Cikarang dapat diatas dengan menerapkan sistem preventive maintenance atau upaya pemeliharaan pencegahan. Sistem pemeliharaan ini dilakukan sebelum terjadi error pada komponen mesin dan dilakukan juga pada selang waktu yang sudah ditentukan untuk meningkatkan kehandalan mesin menggunakan reliability centered maintenance. Metode reliability centered maintenance dapat dilakukan agar mengetahui penyebab kerusakan dan kegagalan fungsi pada komponen dan sistem. Berdasarkan identifikasi masalah, faktor penyebab downtime mesin CNC milling Makino dikarenakan adanya kerusakan pada komponen spindle, axis X,Y,Z, eretan dan meja mesin. Nilai RPN masing-masing komponen 96,96,96,96,72 dan 36. Penyusunan logic tree analysis terdapat dua kategori dengan presentase D (33,4%) dan B (66,6%). Rencana perawatan berdasarkan TD adalah spindle dengan 122 jam, axis servo X 1067 jam, axis servo Y 397 jam, dan axis servo Z 642 jam. Kata Kunci : Proses manufaktur, Mesin CNC milling, downtime, Preventive maintenance, Reliability centered maintenance (RCM).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 01 Oct 2019 04:43
Last Modified: 01 Oct 2019 04:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21405

Actions (login required)

View Item View Item