Herdy, Pavita Ray (2019) PENGARUH PESAN KAMPANYE #YOURBEAUTYRULES TERHADAP SIKAP FOLLOWER (Studi Pada Followers Akun Instagram @Femaledailynetwork). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
Preview |
Text
cover.pdf Download (305kB) | Preview |
Preview |
Text
daftar isi.pdf Download (379kB) | Preview |
Preview |
Text
lembar pengesahan.pdf Download (336kB) | Preview |
Preview |
Text
abstrak.pdf Download (281kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Paradigma mengenai kulit putih, wajah mulus, tubuh yang langsing masih
marak diyakini oleh perempuan Indonesia sebagai definisi cantik yang sebenarnya.
Masih adanya standar kecantikan tersebut membuat banyak perempuan merasa
tidak percaya diri, dan khalayak menjadi mudah menghakimi seseorang melalui
penampilannya. Female Daily Network memiliki misi untuk menghilangkan
standar kecantikan tersebut dengan menyuarakan kampanye pada platform
Instagram. Kampanye merupakan cara yang tepat untuk mengkomunikasikan suatu
informasi agar dapat mudah dipahami khalayak dan tepat sasaran, hingga dapat
mempengaruhi sikap khalayak untuk mendukung kampanye tersebut. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pesan kampanye
#YourBeautyRules terhadap sikap followers. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dengan survei sebagai alat pengambilan sampel. Penelitian dilakukan
pada followers akun Instagram @femaledailynetwork, yaitu sebanyak 279.000
orang dan menggunakan teknik sampling purposive yang menghasilkan 100 orang
responden. Teori yang digunakan adalah teori Integrasi Informasi untuk
mengetahui bagaimana informasi atau pesan mempengaruhi sikap seseorang. Hasil
penelitian ini menunjukkan ada pengaruh secara signifikan antara pesan kampanye
#YourBeautyRules dengan sikap followers sebesar 0,695 yang berarti
menunjukkan hubungan yang kuat. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa sikap
dipengaruhi oleh dua aspek, yaitu valensi, dan bobot pesan, yang mana diperoleh
hasil bahwa valensi pesan bersifat positif, dan bobot pesan bernilai tinggi, karena
pesan dapat mempengaruhi sikap followers.
Kata kunci: Kampanye, Sikap, Teori Integrasi-Informasi, Female Daily Network
xvii
ABSTRACT
A paradigm about light skin, flawless face, and slim body is still widely
believed by Indonesian women as a definition of true beauty. This beauty standards
has made many women feel insecure, and the public tend to judge them based on
their appearance easily. Female Daily Network has a mission to eliminate this issue
by expressing a campaign through Instagram. Campaign is the right way to
communicate information to be understood by the public easily, and right on the
objective, so it could influence the attitude of the audience to support the campaign.
The objective of this study is to find out whether there is an effect of
#YourBeautyRules campaign messages on the attitude of followers. This study uses
quantitative methods with surveys as a sampling tool. The study was done on the
followers of @femaledailynetwork Instagram account, which accounted for
279,000 people and used a purposive sampling technique that produced 100
respondents. The theory used is the Integration-information theory to find out how
information or messages affect someone’s attitude. The results of this study indicate
that there is a significant influence between #YourBeautyRules campaign messages
and followers' attitudes of 0.695 which means that they show a strong relationship.
The results also show that attitude is influenced by two aspects, named valence, and
message weight, in which the results are obtained that message valence is positive,
and message weight has high value because the message can influence the attitude
of followers.
Keywords: Campaign, attitude, Integration-Information Theory, Female Daily
Network
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Sarimin Sarimin |
Date Deposited: | 01 Oct 2019 03:27 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 03:27 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21391 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |