EVALUASI KINERJA MESIN BOR DALAM PENYEDIAAN LUBANG LEDAK DI KUARI ANDESIT PT ARGA WASTU KABUPATEN REMBANG JAWA TENGAH

RAMBE, BOBBY ALAMSYAH (2019) EVALUASI KINERJA MESIN BOR DALAM PENYEDIAAN LUBANG LEDAK DI KUARI ANDESIT PT ARGA WASTU KABUPATEN REMBANG JAWA TENGAH. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN DAN ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN DAN ABSTRACT.pdf

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-FULL.pdf] Text
SKRIPSI-FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PT Arga Wastu merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan andesit dengan metode penambangan kuari. Pembongkaran batuan dilakukan dengan metode pengeboran dan peledakan. Kegiatan pengeboran dilakukan dengan menggunakan mesin bor Crawler Rock Drill Ingersoll-Rand ECM-350 dengan kompresor Ingersoll-Rand DXL-750. Mesin bor yang digunakan merupakan tipe pneumatic top hammer dengan metode rotary-percussive, mata bor yang digunakan tipe normal button bit dengan diameter 64 mm dan batang bor yang digunakan jenis extension rod tipe round dan continous thread dengan total panjang 7,32 m dan diameter 38 mm.
Berdasarkan pengolahan data diperoleh efisiensi kerja pengeboran 47,3 %, waktu edar pengeboran 14,5 menit, gross drill rate 0,4 m/menit, volume setara 6,6 m3/m, produksi aktual pengeboran yang dihasilkan 31.200 ton/bulan, dan target produksi perusahaan 36.000 ton/bulan.
Tidak terpenuhinya target produksi yang ditetapkan perusahaan sehingga perlu dilakukan evaluasi terhadap faktor-faktor yang berpengaruh pada produksi pengeboran dalam upaya peningkatan produksi. Upaya peningkatan produksi dilakukan dengan dua alternatif, yaitu meningkatkan waktu kerja efektif dan melakukan pembaruan mesin bor. Meningkatkan waktu kerja efektif dengan cara meminimalisir hambatan yang dapat dihindari pada kegiatan pengeboran, yaitu terlambat datang bekerja, perjalanan dari kantor ke front penambangan, perjalanan dari front penambangan ke kantor, pengisian BBM dan/atau Oli, istirahat terlalu awal, terlambat bekerja setelah istirahat, berhenti bekerja sebelum waktu yang ditetapkan dan downtime. Pembaruan mesin bor dilakukan dikarenakan nilai gross drill rate yang diperoleh sangatlah rendah.
Upaya peningkatan produksi dengan alternatif pertama meningkatkan waktu kerja efektif diperoleh waktu kerja efektif 246,5 menit, efisiensi kerja pengeboran menjadi 62,1 % dan produksi aktual pengeboran 40.981,2 ton/bulan. Apabila dilakukan alternatif kedua yaitu melakukan pembaruan mesin bor diperoleh waktu edar 6,9 menit, gross drill rate menjadi 0,9 m/menit dan produksi aktual pengeboran 70.231,2 ton/bulan.
Kata Kunci : Pengeboran, Mesin Bor, Produksi Pengeboran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 30 Sep 2019 05:11
Last Modified: 11 Jan 2023 06:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21355

Actions (login required)

View Item View Item