ANALISIS RESEPSI AUDIENS PADA IKLAN GRAB EDISI #KemenanganItuDekat

Saputra, Dhimas (2019) ANALISIS RESEPSI AUDIENS PADA IKLAN GRAB EDISI #KemenanganItuDekat. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (887kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (35kB) | Preview

Abstract

Dengan kemajuan zaman yang begitu pesat, dan tingkat konsumtif yang begitu tinggi.
Tingkat penggunaan sebuah aplikasi sendiri sangatlah tinggi sehingga memunculkan
inovasi baru yang memudahkan segala kebutuhan manusia. Hadirnya grab di
Indonesia yang menjadi salah satu start up di bidang teknologi penyedia transportasi
sangat menunjang dan memudahkan kebutuhan masyarakat. Iklan merupakan salah
satu sarana penyampaian pesan dan mempunyai bagian besar dalam mempengaruhi
seseorang dalam mengambil sebuah keputusan. Penelitian ini menggunakan metode
analisis resepsi yang dimana penelitian ini berfokus kepada cara audiens memaknai
pesan yang disampaikan media dengan jenis penelitian kualitatif yang tertuju pada
posisi pemaknaan dan interpretasi audiens. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa
pemaknaan pesan pada iklan tersebut mayoritas pada posisi pemaknaan dominant.
Melalui wawancara kepada lima narasumber didapati empat pada posisi pemaknaan
dominat dan satu pada posisi pemaknaan oposisi. Ke empat informan yang berada di
posisi pemaknaan dominant menanggapi hal tersebut sesuai dengan pesan yang ingin
disampaikan grab dan untuk satu informan yang berada pada posisi pemaknaan
oposisi telah membentuk pemaknaan baru dalam yang berbeda dari pemaknaan
dominant. Iklan bukan satu-satunya alat komunikasi pemasaran yang dapat
mempengaruhi proses pengambilan keputusan karena adanya pengalaman dan
pengetahuan yang dimiliki individu dapat mempengaruhinya
Kata kunci: analisis resepsi, iklan, encoding – decoding. grab

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 30 Sep 2019 03:53
Last Modified: 30 Sep 2019 03:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21346

Actions (login required)

View Item View Item