Saputra, Dhimas (2019) ANALISIS RESEPSI AUDIENS PADA IKLAN GRAB EDISI #KemenanganItuDekat. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (15kB) | Preview |
Preview |
Text
cover.pdf Download (25kB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar Isi.pdf Download (20kB) | Preview |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (887kB) |
Preview |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (35kB) | Preview |
Abstract
Dengan kemajuan zaman yang begitu pesat, dan tingkat konsumtif yang begitu tinggi.
Tingkat penggunaan sebuah aplikasi sendiri sangatlah tinggi sehingga memunculkan
inovasi baru yang memudahkan segala kebutuhan manusia. Hadirnya grab di
Indonesia yang menjadi salah satu start up di bidang teknologi penyedia transportasi
sangat menunjang dan memudahkan kebutuhan masyarakat. Iklan merupakan salah
satu sarana penyampaian pesan dan mempunyai bagian besar dalam mempengaruhi
seseorang dalam mengambil sebuah keputusan. Penelitian ini menggunakan metode
analisis resepsi yang dimana penelitian ini berfokus kepada cara audiens memaknai
pesan yang disampaikan media dengan jenis penelitian kualitatif yang tertuju pada
posisi pemaknaan dan interpretasi audiens. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa
pemaknaan pesan pada iklan tersebut mayoritas pada posisi pemaknaan dominant.
Melalui wawancara kepada lima narasumber didapati empat pada posisi pemaknaan
dominat dan satu pada posisi pemaknaan oposisi. Ke empat informan yang berada di
posisi pemaknaan dominant menanggapi hal tersebut sesuai dengan pesan yang ingin
disampaikan grab dan untuk satu informan yang berada pada posisi pemaknaan
oposisi telah membentuk pemaknaan baru dalam yang berbeda dari pemaknaan
dominant. Iklan bukan satu-satunya alat komunikasi pemasaran yang dapat
mempengaruhi proses pengambilan keputusan karena adanya pengalaman dan
pengetahuan yang dimiliki individu dapat mempengaruhinya
Kata kunci: analisis resepsi, iklan, encoding – decoding. grab
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 30 Sep 2019 03:53 |
Last Modified: | 30 Sep 2019 03:53 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21346 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |