ANALISIS RESEPSI AUDIENS TERHADAP IKLAN BANK MANDIRI EDISI MANDIRI KPR MILENIAL #MUDABELIRUMAH

Saputra, Agriza (2019) ANALISIS RESEPSI AUDIENS TERHADAP IKLAN BANK MANDIRI EDISI MANDIRI KPR MILENIAL #MUDABELIRUMAH. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of HALAMAN COVER.pdf]
Preview
Text
HALAMAN COVER.pdf

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rumah merupakan kebutuhan primer yang dibutuhkan manusia sebagai
tempat tinggal dan berlindung. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan
hunian, Bank Mandiri hadir memperkenalkan produk barunya yaitu Mandiri KPR
Milenial. Melalui media televisi, Bank Mandiri menayangkan iklan untuk
memperkenalkan produk KPR Milenialnya yang diberi judul Mandiri KPR
Milenial #Mudabelirumah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
bagaimana audiens memaknai iklan Bank Mandiri edisi Mandiri KPR Milenial
#Mudabelirumah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman
audiens dalam iklan dan untuk mengetahui bagaimana proses pemaknaan audiens
terhadap pesan dalam iklan Bank Mandiri edisi Mandiri KPR Milenial
#Mudabelirumah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan
metode analisis resepsi, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara dan dokumentasi. Dengan menggunakan teori resepsi model encodigdecoding
milik Stuart Hall, ditemukan hasil penelitian berupa tiga posisis
pemaknaan audiens terhadap iklan, yaitu dominan, negosiasi, dan oposisi. Pada
posisi dominan audiens memaknai iklan sebagai sebuah ajakan untuk generasi
milenial agar mengikikuti program kredit pembelian rumah dengan Mandiri KPR
Milenial. Pada posisis negosiasi iklan tersebut dianggap sebagai ajakan yang
sedikit meragukan karena informasinya yang kurang jelas. Sedangkan posisi
oposisi, audiens hanya menganggap produk dalam iklan tidak realistis dan hanya
sebagai pengingat generasi milenial agar mau berinvestasi saja. Adanya
pemaknaan yang beragam disebabkan adanya latar belakang dan pengetahuan
audiens yang berbeda-beda, seperti pendidikan, pekerjaan, usia, dan status
ekonomi. Respon ambivalensi dapat ditemui ketika terdapat dua pemaknaan
sekaligus seperti penolakan dan penerimaan muncul dalam waktu yang
bersamaan.
Kata Kunci : Resepsi, Milenial, Iklan Televisi, KPR, Bank Mandiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 30 Sep 2019 03:29
Last Modified: 30 Sep 2019 03:29
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21337

Actions (login required)

View Item View Item