Tuasikal, Fania Khoirunnisa (2019) EWOM POLITIK #2019GANTIPRESIDEN DI MEDIA SOSIAL BAGI TERBENTUKNYA ECHO CHAMBER DAN VOTING BEHAVIOUR (Studi Deskriptif #2019GantiPresiden Pada Media Sosial Twitter). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
Preview |
Text
Cover.pdf Download (134kB) | Preview |
Preview |
Text
Pengesahan.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Abstrak.pdf Download (33kB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar Isi.pdf Download (39kB) | Preview |
![]() |
Text
Skripsi - Fania K. Tuasikal.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Hashtag merupakan salah satu bentuk komunikasi pemasaran di media sosial Twitter
yang disebut dengan electonic word of mouth (eWOM). Hashtag banyak digunakan
sebagai media dalam pemasaran kampanye politik, salah satunya yaitu
#2019GantiPresiden. Adanya hashtag #2019GantiPresiden menciptakan jaringan
komunikasi yang akhirnya membentuk suatu kelompok atau echo chamber. Seseorang
yang merupakan anggota dari suatu kelompok atau jejaring sosial tertentu akan
memiliki kecenderungan dalam beropini dan membentuk perilaku memilih Ivoting
behaviour) sesuai dengan data dan informasi yang didapatkan dari kelompok atau
jejaring sosial tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana jaringan
komunikasi eWOM #2019GantiPresiden bagi terbentuknya echo chamber dan voting
behaviour. Adapaun teori yang digunakan yaitu teori jaringan komunikasi oleh Rogers
dan Kincaid. Teori ini memperlihatkan bagaimana suatu jaringan yang terdiri atas
individu-individu yang saling berhubungan membentuk sebuah jaringan yang terpola.
Rogers dan Kincaid membedakan jaringan komunikasi menjadi dua yaitu radial dan
intelocking. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan studi deksriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa eWOM dari hashtag #2019GantiPresiden
membentuk suatu jaringan komunikasi radial yang membentuk adanya kelompok atau
echo chamber, dimana anggotanya cendrung untuk meretweet dan memfollow akun
lain yang memiliki pandangan yang sama dengannya dan memengaruhi perilaku
memilihnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | jaringan komunikasi, eWOM, #2019GantiPresiden, echo chamber, voting behaviour |
Subjek: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Nurul Alifah Rahmawati |
Date Deposited: | 30 Sep 2019 02:11 |
Last Modified: | 30 Sep 2019 02:11 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21305 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |