PERANCANGAN ALAT PRESTO BANDENG UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DENGAN METODE NIGELCROSS (Studi kasus di UKM Bandeng Presto Pak Sukanto Berbah Sleman)

Prakoso, Rachmad Ardi (2019) PERANCANGAN ALAT PRESTO BANDENG UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DENGAN METODE NIGELCROSS (Studi kasus di UKM Bandeng Presto Pak Sukanto Berbah Sleman). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img] Text
1.full lulus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
2.Abstrak.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.cover fix.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.halaman pengeshan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.Daftar isi.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Ikan bandeng merupakan ikan yang umum dikonsumsi di Indonesia. Selain harga yang murah, ikan bandeng memilki nilai gizi yang tinggi dan rasa yang enak. Salah satu olahan ikan bandeng yang sering ditemukan adalah ikan bandeng presto, olahan ikan bandeng presto adalah salah satu cara untuk meningkatkan nilai jual dari ikan bandeng Pada penelitian ini dilakukan perancangan alat presto sesuai dengan pengamatan dan pertimbangan dengan masyarakat Kelompok UKM bandeng presto, Berbah, Sleman. Pendekatan yang digunakan dalam pengembangan alat ini menggunakan metode Nigel Cross. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan alat presto yang baru dapat melakukan 1 kali proses presto selama 1 jam dengan kapasitas 20kg dan menghabiskan 2 tabung LPG 3kg, sedangkan menggunakan alat presto bandeng yang lama hanya dapat dilakukan waktu 1 kali presto selama 4 jam dengan kapasitas 40kg dan menghabiskan 4 tabung LPG 3kg. Kata kunci : perancangan alat, Nigel Cross, alat presto bandeng

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 27 Sep 2019 04:24
Last Modified: 27 Sep 2019 04:24
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21295

Actions (login required)

View Item View Item