APLIKASI PENJADWALAN PRODUKSI BUKU MENGGUNAKAN METODE CAMPBELL DUDEX AND SMITH (CDS) (Studi Kasus : PT. Intan Sejati Klaten)

Trinovan, Rizqa Bayu (2019) APLIKASI PENJADWALAN PRODUKSI BUKU MENGGUNAKAN METODE CAMPBELL DUDEX AND SMITH (CDS) (Studi Kasus : PT. Intan Sejati Klaten). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENEGSAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar isi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text
1.SKRIPSI FULL_RIZQA BAYU_123140168.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penjadwalan produksi di dalam dunia industri, baik industri manufaktur maupun agroindustri memiliki peranan penting sebagai bentuk pengambilan keputusan. PT Intan Sejati Klaten merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang jasa cetak yang memproduksi berbagai percetakan. Perusahaan berupaya untuk memiliki penjadwalan yang paling efektif dan efisien sehingga dapat meningkatkan produktivitas yang dihasilkan dengan total biaya dan waktu seminimal mungkin dan tidak terjadi telat dalam pengiriman atau lateness. Tujuan penelitian ini adalah menentukan jadwal operasi mesin produksi yang optimal pada perusahaan manufaktur sehingga mendapatkan nilai maskepan dan flowtime yang optimal sehingga dapat digunakan dalam proses produksi. Metode Campbell Dudek Smith (CDS) merupakan salah satu metode yang digunakan dalam penjadwalan yang bersifat flowshop. Berdasarkan hal tersebut, CDS akan diterapkan untuk menyusun jadwal yang optimal. Lebih lanjut, akan diterapkan untuk menyusun jadwal mesin produksi pada perusahaan manufaktur. Berdasarkan hasil penjadwalan dengan metode CDS pada perusahaan manufaktur menghasilkan lima iterasi. Nilai iterasi ke-1 2486, ke-2 2486, ke-3 1647, ke-4 2486, ke-5 2486 dengan nilai maskepan optimal sebesar 1647. Selain hasil iterasi, output yang dihasilkan berupa gantt chart dan laporan bulanan atau tahunan. Aplikasi pada penelitian ini dibangun menggunakan pemrograman php dan menggunakan MySQL sebagai database.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penjadwalan, Produksi Percetakan, Campbell Dudex and Smith.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 25 Sep 2019 06:56
Last Modified: 25 Sep 2019 06:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21262

Actions (login required)

View Item View Item