ANALISIS ISI BRAND IDENTITY TOKOPEDIA DALAM IKLAN YOUTUBE #MULAIAJADULU TAHUN 2018

Anggraeni, Yessy Bella (2019) ANALISIS ISI BRAND IDENTITY TOKOPEDIA DALAM IKLAN YOUTUBE #MULAIAJADULU TAHUN 2018. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of COVER SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (16MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (43kB) | Preview

Abstract

Brand Identity merupakan citra yang ingin ditampilkan oleh sebuah merek.
Iklan merupakan salah satu media penyampaian brand identity, yang terdapat empat
elemen di dalamnya yaitu nama merek, logo, slogan, dan kisah merek. Maksud dari
penyampaian brand identity adalah membentuk pikiran dan mempertahankan
kesadaran audience terhadap kesan suatu merek. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui isi brand identity dan isi pesan dari iklan Tokopedia #MulaiAjaDulu
dalam Youtube tahun 2018. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi
kuantitatif dengan 10 unit analisis dan kategorisasi. Teori dan konsep yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Konsep Digital Branding dan Teori Agenda
Setting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa isi brand identity yang ditampilkan
adalah brand e-commerce yang muda dan optimis. Kecenderungan isi pesan iklan
Tokopedia berisi mengenai motivasi cita-cita atau resolusi audience yang dapat
diwujudkan bersama Tokopedia, hal ini mengangkat isu realitas sosial yang terjadi
di Indonesia. Diketahui pula tujuan dari pesan iklan yang terdapat dalam iklan
Tokopedia #MulaiAjaDulu adalah mengingatkan agar audience lebih fokus dalam
menjalankan cita-cita/resolusinya. Tokopedia mempercayai bahwa cita-cita atau
impian yang besar tidak akan pernah terwujud tanpa ada langkah kecil dari
Tokopedia dan motivasi audience yang mendampingi untuk memulainya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Brand Identity, Iklan, Analisis Isi, E-Commerce
Subjek: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 24 Sep 2019 07:40
Last Modified: 24 Sep 2019 07:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21238

Actions (login required)

View Item View Item