ANALISIS ISI BRAND IDENTITY TOKOPEDIA DALAM IKLAN YOUTUBE #MULAIAJADULU TAHUN 2018

Anggraeni, Yessy Bella (2019) ANALISIS ISI BRAND IDENTITY TOKOPEDIA DALAM IKLAN YOUTUBE #MULAIAJADULU TAHUN 2018. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (16MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (43kB) | Preview

Abstract

Brand Identity merupakan citra yang ingin ditampilkan oleh sebuah merek. Iklan merupakan salah satu media penyampaian brand identity, yang terdapat empat elemen di dalamnya yaitu nama merek, logo, slogan, dan kisah merek. Maksud dari penyampaian brand identity adalah membentuk pikiran dan mempertahankan kesadaran audience terhadap kesan suatu merek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui isi brand identity dan isi pesan dari iklan Tokopedia #MulaiAjaDulu dalam Youtube tahun 2018. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif dengan 10 unit analisis dan kategorisasi. Teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah Konsep Digital Branding dan Teori Agenda Setting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa isi brand identity yang ditampilkan adalah brand e-commerce yang muda dan optimis. Kecenderungan isi pesan iklan Tokopedia berisi mengenai motivasi cita-cita atau resolusi audience yang dapat diwujudkan bersama Tokopedia, hal ini mengangkat isu realitas sosial yang terjadi di Indonesia. Diketahui pula tujuan dari pesan iklan yang terdapat dalam iklan Tokopedia #MulaiAjaDulu adalah mengingatkan agar audience lebih fokus dalam menjalankan cita-cita/resolusinya. Tokopedia mempercayai bahwa cita-cita atau impian yang besar tidak akan pernah terwujud tanpa ada langkah kecil dari Tokopedia dan motivasi audience yang mendampingi untuk memulainya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Brand Identity, Iklan, Analisis Isi, E-Commerce
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 24 Sep 2019 07:40
Last Modified: 24 Sep 2019 07:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21238

Actions (login required)

View Item View Item