EVALUASI NERACA MASSA DAN NERACA PANAS PROSES PREHEATING PADA ROLLER KILN PT INDUSTRI KERAMIK ANGSA DAYA (IKAD) - TANGERANG

Ramadhansci, Alfin Wildhan (2019) EVALUASI NERACA MASSA DAN NERACA PANAS PROSES PREHEATING PADA ROLLER KILN PT INDUSTRI KERAMIK ANGSA DAYA (IKAD) - TANGERANG. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 Cover tugas akhir .pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 lembar pengesahan.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 DAFTAR ISI.pdf

Download (404kB) | Preview

Abstract

PT Industri Keramik Angsa Daya (IKAD) merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri keramik. Tergabung dalam Kedaung Group diharapakan PT Industri Keramik Angsa Daya (IKAD) mampu bersaing dengan industri keramik lainnya. Memiliki bahan baku yang dibeli dari dalam dan luar negeri untuk menjamin kualitas yang dihasilkan selalu baik. PT Industri Keramik Angsa Daya menjual dengan berbagai brand seperti IKAD, IKEMA, PREMIERE, dan GRANITO yang merupakan brand terbaru yang diharapkan mampu meningkatkan nilai jual dari produksi keramik. Untuk masing – masing keramik memiliki daya serap air (Water Absorb) masing – masing dimana untuk keramik dinding memiliki water absorb 20%, keramik lantai 10%, dan granito 0,05%. PT Industri Keramik Angsa Daya (IKAD) memiliki 6 plant yaitu plant 1, plant 2, plant3, plant 5, plant 7, dan plant 8 .PT Industri Keramik Angsa Daya (IKAD) memproduksi dalam setahun yaitu ± 23,610,000 M² / tahun dan memproduksikan nya ke dalam negeri maupun luar negeri. Roller Kiln merupakan alat untuk membakar green tile dimana ada terjadi proses pemanasan, transfer energi, tekanan, pengurangan kadar air sehingga dapat diketahui jumlah kalori yang dibutuhkan per-Kg bahan baku keramik. Roller kiln pada plant 1 memiliki panjang 80 meter dan memiliki diameter dalam 2 meter. Dalam menjalankan salah satu mata kuliah akhir dilakukan beberapa kegiatan dalam melaksanakan tugas akhir dimana dilakukan orientasi perusahaan mengenai apa saja permasalahan yang ada di perusahaan serta mengetahui proses produksi dari awal hingga akhir dari perusahaan, yang nantinya disusun untuk kelola data yang didapat selama orientasi. Ilmu yang didapat sangat berharga bagi mahasiswa karena dapat mengetahui bagaimana proses suatu pabrik industri dalam meghasilkan produk. Dari tugas khusus yang didapat dimana melakukan pengolahan data untuk menentukan kinerja dari suatu proses alat pada bagian Roller kiln yaitu preheating. Zona preheating merupakan proses awal sebuah keramik mentah untuk menghilangkan kandungan air kimia maupu air mekanis, yang kemudian dipanskan mencapai suhu 1000℃ sehingga nantinya pada proses selanjutnya keramik telah mengalami penghilangan kandungan air yang berlebih. Dari tugas khusus yang diperoleh menghitung neraca massa dan neraca panas pada preheating dimana hasil pengolahan data dapat disimpulkan neraca massa masuk yaitu 22064 Kg/jam dan massa keluar yaitu 22064 Kg/jam. Dimana sesuai teori massa yang masuk sama dengan massa yang keluar. Kemudian dengan melakukan perhitungan didapat hasil neraca panas masuk 11512074,78 kJ/jam dan panas keluar 10101511,43 kJ/jam dimana ΔHloss yang diperoleh sebesar 1410563,35 kJ/jam. Dari hasil didapat dimana effisiensi alat preheating yaitu 87,75 %.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Preheating, Roller Kiln.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 24 Sep 2019 04:08
Last Modified: 24 Sep 2019 04:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21218

Actions (login required)

View Item View Item