Mahdian, Efin Agam (2019) PRESENTASI DIRI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI KUALITATIF TENTANG PRESENTASI DIRI FOODSTAGRAM INFLUENCER DI YOGYAKARTA). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (200kB) | Preview |
Preview |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, PERNYATAAN.pdf Download (620kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR.pdf Download (181kB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (179kB) | Preview |
Abstract
Kehadiran teknologi komunikasi memberikan pengaruh yang sangat signifikan
dalam kehidupan manusia. Adanya teknologi komunikasi, kehidupan dan kegiatan
manusia menjadi sangat mudah dan cepat. Manusia dapat mengolah berbagai segala
jenis informasi dalam berbagai bentuk seperti gambar, suara, teks, dan lain-lain.
Media sosial Instagram muncul karena sebagai salah satu wujud dari adanya
perkembangan teknologi komunikasi. Begitu banyak konten yang bermunculan di
Instagram, makanan menjadi salah satu yang menjadi favorit bagi para pengguna
Instagram. Adanya Instagram memunculkan banyaknya fenomena-fenomena dan
tren baru. Instagram juga semakin memudahkan manusia dalam mengolah
informasi, termasuk informasi mengenai dirinya sendiri melalui presentasi diri.
Salah satu fenomena atau tren yang sedang berkembang di Instagram adalah konten
makanan dan foodstagram influencer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana presentasi diri foodstagram influencer di Yogyakarta menggunakan
metode kualitatif dan pendekatan dramaturgi.Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumen. Hasil penelitian
ini menunjukan beberapa aspek penting yang dipersiapkan, dilakukan, dan dilihat
oleh foodstagram influencer yang berkaitan seperti, setting panggung, penampilan
(appearance), dan gaya bertingkah-laku (manner) untuk menunjang presentasi diri
mereka di panggung depan. Tidak ditemukan adanya aktifitas atau hal lain yang
bersebrangan antara presentasi diri foodstagram influencer di panggung depan
maupun panggung belakang. Pada panggung belakang ini foodstagram influencer
menampilkan diri mereka yang seutuhnya akan tetapi tetap menjaga image atau
kesan yang sudah mereka bentuk di Instagram demi mendapat reputasi yang baik
bagi para pengikutnya dan bagi brand yang hendak ingin bekerjasama. Kesimpulan
bahwa presentasi diri foodstagram influencer mampu menunjukan status kesan
yang baik dengan menggunakan atribut-atribut dan mengatur sikap perilaku yang
sudah mereka rancang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instagram, New Media, Presentasi Diri, Dramaturgi, Foodstagram Influencer. |
Subjek: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Nurul Alifah Rahmawati |
Date Deposited: | 20 Sep 2019 07:25 |
Last Modified: | 20 Sep 2019 07:25 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21155 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |