PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN DOSIS PUPUK NPK SLOW RELEASE TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BUNGA MATAHARI (Helianthus annuus L.)

PUTRI, RETA EKAWATI (2019) PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN DOSIS PUPUK NPK SLOW RELEASE TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BUNGA MATAHARI (Helianthus annuus L.). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (64kB) | Preview

Abstract

Peningkatan permintaan bunga matahari sebagai bunga potong menuntut petani menghasilkan bunga matahari yang berkualitas. Salah satu upaya meningkatkan produksi bunga matahari adalah dengan penggunaan media tanam dan dosis pupuk. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh komposisi media tanam dan dosis pupuk NPK slow release yang tepat untuk meningkatkan pertumbuhan dan hasil bunga matahari serta interaksi keduanya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juni 2019 di Dusun Weron Desa Umbulharjo Kecamatan Cangkringan. Penelitian menggunakan metode percobaan lapangan yang disusun menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) yang terdiri dari 2 faktor + 1 kontrol dengan 3 ulangan. Faktor pertama adalah komposisi media tanam yang terdiri dari 3 taraf, yaitu Tanah : Arang sekam (1:1), Tanah : Kompos (1:1), Tanah : Kompos : Arang Sekam (1:1:1). Faktor kedua adalah dosis pupuk NPK yang terdiri dari 3 taraf dosis yaitu 4 g/tanaman, 6 g/tanaman, 8 g/tanaman. Ditambah kontrol (pupuk NPK Mutiara (16:16:16) dengan dosis 7 g/tanaman). Data pengamatan dianalisis keragamannya dengan Analysis of Variance (ANOVA) pada taraf α=5%. Untuk mengetahui beda nyata antar perlakuan dilanjutkan dengan uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) taraf α=5%. Untuk mengetahui nilai optimum menggunakan uji regresi dengan taraf α=5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi perlakuan tanah : arang sekam (1:1)+dosis pupuk 5,9 g/tanaman optimal pada diameter bunga. Komposisi media tanam tanah : arang sekam (1:1) optimal pada waktu muncul bunga, jumlah bunga, dan luas daun umur 40 hst. Pemberian dosis pupuk 5,9 g/tanaman optimal pada waktu muncul bunga.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: bunga matahari, komposisi media, NPK Slow Release.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 20 Sep 2019 03:33
Last Modified: 20 Sep 2019 03:33
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21139

Actions (login required)

View Item View Item