UNSUR TANAH JARANG (RARE EARTH ELEMENT) SEBAGAI INDIKATOR PROSES HIDROTERMAL DI DAERAH PANASBUMI PARANGTRITIS YOGYAKARTA

DF. Yudiantoro, DF. Yudiantoro (2017) UNSUR TANAH JARANG (RARE EARTH ELEMENT) SEBAGAI INDIKATOR PROSES HIDROTERMAL DI DAERAH PANASBUMI PARANGTRITIS YOGYAKARTA. Magister Teknik Geologi FTM UPN Veteran Yogyakarta, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
6. PJN-6.pdf

Download (387kB) | Preview

Abstract

Mata air panas di Parangwedang Parangtritis merupakan produk dari manifestasi panasbumi gunungapi Tersier. Busur gunungapi Tersier (Paleosen hingga Oligo¬Miosen) ini di daerah penelitian berafinitas kalk-alkalin yang terbentuk pada lingkungan tektonik busur kepulauan. Sedangkan pembentukan air panas ini akibat proses hidrotermal yang berlangsung dari pembentukan gunungapi Tersier hingga sekarang. Proses hidrotermal tersebut melibatkan unsur kimia yang menghasilkan mineral ubahan,sehingga penelitian bertujuan untuk mempelajari unsurtanah jarang (REE: rare earth element) sebagai indikator proses hidrotermal akibat interaksi antara fluida hidrotermal dengan batuan. Metodologi analitik yang dilakukan pada penelitian ini adalah petrografi dan geokimia (ICP-MS/ Induced Coupled Mass Spectrometry). Analisis dilakukan terhadap basalt piroksen terubah, andesit piroksen terubah dan air panas. Hasil analisis menunjukkan bahwa batuan vulkanik terubah tersebut membentuk mineral ubahan klorit, kalsit, mineral opaq, kalsedon (struktur colloform banding) dan kuarsa. Proses interaksi fluida dengan batuan ditunjukkan oleh pola dari unsur tanah jarang, seperti anomali negatif Eu, Nd dan anomali positif Gd. Proses tersebut berlangsung pada temperatur sekitar lOOoC atau hasil penghitungan geothermometer air panas diperoleh temperatur bawah permukaan sebesar 80oC. Penelitian mengenai interaksi batuan dengan fluida berdasarkan unsur tanah jarang di daerah ini belum dilakukan oleh peneliti sebelumnya, sehingga hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan data informasi untuk peneliti berikutnya.

Item Type: Other
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Dr.Ir.MT DWI FITRI YUDIANTORO
Date Deposited: 12 Sep 2019 06:57
Last Modified: 12 Sep 2019 06:58
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20953

Actions (login required)

View Item View Item