KAJIAN KESELAMATAN KERJA PADA AREA PENAMBANGAN BATU ANDESIT CV. REJEKI WISNUADJI DUSUN SRAPAH, DESA BAPANGSARI, KECAMATAN BAGELEN, KABUPATEN PURWOREJO, PROVINSI JAWA TENGAH

ARIFIN, YOGIE FITRIA (2019) KAJIAN KESELAMATAN KERJA PADA AREA PENAMBANGAN BATU ANDESIT CV. REJEKI WISNUADJI DUSUN SRAPAH, DESA BAPANGSARI, KECAMATAN BAGELEN, KABUPATEN PURWOREJO, PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2.Abstrak.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.COVER.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.DAFTAR ISI.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text
1.Draft Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

CV. Rejeki Wisnuadji, merupakan sebuah perusahaan penambangan batu andesit yang berlokasi di Dusun Srapah, Desa Bapangsari, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan penambangan meliputi pembersihan lahan, pengupasan tanah penutup, penggalian, pemuatan, dan reklamasi. Dalam melaksanakan kegiatan penambangan, sering terjadi kondisi dan tindakan kerja tidak aman. Timbulnya kondisi kerja yang tidak aman berawal dari keadaan lapangan yang berbahaya dan tindakan kerja yang tidak aman serta mengabaikan keselamatan. Dari kondisi kerja yang tidak aman dan tindakan kerja yang tidak aman tersebut sering mengakibatkan kecelakaan kerja dan pada akhirnya dapat menyebabkan korban meninggal dunia. Potensi kecelakaan terjadi pada jalan menuju area tambang. Jalan menuju area tambang merupakan daerah kerja yang paling rawan antara lain karena kondisi ruas jalan yang bergelombang, kondisi yang licin pada saat hujan, dan tindakan dari pengemudi yang tidak aman. Sedangkan tindakan kerja tidak aman yang paling sering terjadi adalah pengabaian alat pelindung diri oleh para pekerja. Kondisi dan tindakan kerja tidak aman yang terjadi pada bulan januari dan februari tahun 2019 mengakibatkan 2 kecelakaan. Kecelakaan terjadi karena adanya kondisi dan tindakan kerja tidak aman yang diakibatkan kondisi jalan licin,kondisi jalan sempit, kondisi jalan bergelombang, tindakan kerja tidak aman yaitu supir mengebut dan kurangnya pengawasan manajemen sehingga dump truck terguling. Penyelesaian masalah keselamatan kerja yang terjadi pada CV. Rejeki Wisnuadji adalah: 1. Melakukan perbaikan pada kondisi tidak aman dan tindakan kerja tidak aman agar resiko keselamatan kerja dapat diminimalkan. 2. Melakukan pembinaan atau pelatihan keterampilan kepada karyawan sesuai dengan bidang kerjanya. 3. Memberi sosialisasi kepada warga sekitar tambang agar tidak masuk area penambangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 16 Aug 2019 06:56
Last Modified: 16 Aug 2019 06:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20751

Actions (login required)

View Item View Item