PENGARUH FRAUD TRIANGLE TERHADAP KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESA

Susanto, Alif Bagus (2019) PENGARUH FRAUD TRIANGLE TERHADAP KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HAL PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (40kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh fraud triangle dengan menggunakan variabel financial stability yang diproksikan dengan ACHANGE, external pressure yang diproksikan dengan FREEC, personal financial need yang diproksikan dengan OSHIP, financial target yang diproksikan dengan ROA, ineffective monitoring yang diproksikan dengan BDOUT dan rationalization yang diproksikan dengan TACC. Dalam penelitian ini kecurangan keuangan menggunakan manajemen laba sebagai proksi dengan discretionary accruals (DACC ) sebagai variabel independen. Populasi penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI ) tahun 2014- 2017. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan asumsi klasik dan pengujian hipotesis menggunakan regresi linier. Data yang diperoleh kemudian diproses dan dianalisis dengan SPSS Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa external pressure (FREEC ), ineffective monitoring (BDOUT ) dan rationalization (TACC ) memiliki pengaruh terhadap kecurangan laporan kuangan. Sementara itu, financial Stability (ACHANGE )personal financial need (OSHIP )dan financial target (ROA ) tidak berpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan. Kata kunci: Fraud Triangle, Financial Stability,External Pressure, Personal Financial Need, Financial Target, Ineffective Monitoring, Rationalization, Kecurangan Laporan Keuangan, Manajemen Laba.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: S.IP NURUL ALIFAH RAHMAWATI
Date Deposited: 18 Jul 2019 06:36
Last Modified: 18 Jul 2019 06:36
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20476

Actions (login required)

View Item View Item