STRATEGI REBRANDING ARFA BARBERSHOP UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

Arfan, Widi (2019) STRATEGI REBRANDING ARFA BARBERSHOP UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK STRATEGI REBRANDING ARFA BARBERSHOP UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK STRATEGI REBRANDING ARFA BARBERSHOP UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS.pdf

Download (349kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (511kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang menjadi objek penelitian ini adalah bagaimana strategi
rebranding Arfa Barbershop dalam upaya meningkatkan brand awareness? Serta
bagaimana dampak brand awareness konsumen setelah rebranding dilakukan?
Tujuan penelitian adalah untuk (1) mendeskripsikan strategi rebranding yang
dilakukan Arfa Barbershop dalam upaya meningkatkan brand awareness, (2)
mengetahui sejauh mana rebranding berdampak pada brand awareness konsumen,
(3) menemukan kelebihan dan kekurangan strategi rebranding Arfa Barbershop.
Teori yang digunakan sebagai landasan adalah teori penyusunan tindakan, gagasan
dari Jhon Greene. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil
penelitian ini adalah Arfa Barbershop melakukan rebranding dengan menerapkan
strategi corporate rebranding framework. Strategi tersebut memiliki tiga tahap yaitu
tahap analisis, perencanaan, dan evaluasi. Tahap analisis berfokus pada pencarian
faktor yang memperkuat keputusan rebranding baik dari internal dan eksternal
perusahaan. Tahap selanjutnya adalah perencanaan, yaitu tahap yang berfokus
mengimplementasikan hasil dari analisis. Hasil analisis menghasilkan keputusan
untuk me-rebranding logo, tagline, desain gerai, dan nilai perusahaan. Perubahan
tersebut disusun berdasarkan sistem bisnis baru Arfa Barbershop yaitu spiritual
company. Perubahan dikomunikasikan kepada stakeholder melalui komunikasi
pemasaran. Tahap terakhir adalah evaluasi yang dilakukan tiga bulan sekali dengan
tujuan menemukan kelebihan dan kekurangan strategi rebranding, sehingga menjadi
landasan untuk membuat program selanjutnya. Strategi rebranding yang dilakukan
Arfa Barbershop dianggap berhasil karena mencapai tujuannya yaitu meningkatkan
brand awareness konsumen. Brand awareness konsumen setelah rebranding berada
diposisi top of mind. Kelebihan strategi rebranding Arfa Barbershop yaitu pada tahap
analisis yang cermat, karena meliputi analisis internal dan eksternal perusahaan.
Kelemahannya adalah pada tahap perencanaan khususnya di bagian komunikasi
pemasaran. Beberapa strategi komunikasi pemasaran kurang efektif.
Kata kunci: Strategi rebranding, Arfa Barbershop, komunikasi pemasaran, brand
awareness

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 15 Jul 2019 07:48
Last Modified: 15 Jul 2019 07:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20394

Actions (login required)

View Item View Item