Arfan, Widi (2019) STRATEGI REBRANDING ARFA BARBERSHOP UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
|
Text
ABSTRAK STRATEGI REBRANDING ARFA BARBERSHOP UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (511kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang menjadi objek penelitian ini adalah bagaimana strategi rebranding Arfa Barbershop dalam upaya meningkatkan brand awareness? Serta bagaimana dampak brand awareness konsumen setelah rebranding dilakukan? Tujuan penelitian adalah untuk (1) mendeskripsikan strategi rebranding yang dilakukan Arfa Barbershop dalam upaya meningkatkan brand awareness, (2) mengetahui sejauh mana rebranding berdampak pada brand awareness konsumen, (3) menemukan kelebihan dan kekurangan strategi rebranding Arfa Barbershop. Teori yang digunakan sebagai landasan adalah teori penyusunan tindakan, gagasan dari Jhon Greene. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah Arfa Barbershop melakukan rebranding dengan menerapkan strategi corporate rebranding framework. Strategi tersebut memiliki tiga tahap yaitu tahap analisis, perencanaan, dan evaluasi. Tahap analisis berfokus pada pencarian faktor yang memperkuat keputusan rebranding baik dari internal dan eksternal perusahaan. Tahap selanjutnya adalah perencanaan, yaitu tahap yang berfokus mengimplementasikan hasil dari analisis. Hasil analisis menghasilkan keputusan untuk me-rebranding logo, tagline, desain gerai, dan nilai perusahaan. Perubahan tersebut disusun berdasarkan sistem bisnis baru Arfa Barbershop yaitu spiritual company. Perubahan dikomunikasikan kepada stakeholder melalui komunikasi pemasaran. Tahap terakhir adalah evaluasi yang dilakukan tiga bulan sekali dengan tujuan menemukan kelebihan dan kekurangan strategi rebranding, sehingga menjadi landasan untuk membuat program selanjutnya. Strategi rebranding yang dilakukan Arfa Barbershop dianggap berhasil karena mencapai tujuannya yaitu meningkatkan brand awareness konsumen. Brand awareness konsumen setelah rebranding berada diposisi top of mind. Kelebihan strategi rebranding Arfa Barbershop yaitu pada tahap analisis yang cermat, karena meliputi analisis internal dan eksternal perusahaan. Kelemahannya adalah pada tahap perencanaan khususnya di bagian komunikasi pemasaran. Beberapa strategi komunikasi pemasaran kurang efektif. Kata kunci: Strategi rebranding, Arfa Barbershop, komunikasi pemasaran, brand awareness
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 15 Jul 2019 07:48 |
Last Modified: | 15 Jul 2019 07:48 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20394 |
Actions (login required)
View Item |