PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, INFORMASI DAN SOSIALISASI AKUNTANSI, SERTA UKURAN USAHA TERHADAP PEMAHAMAN KEUANGAN UMKM BERDASARKAN SAK EMKM (Studi pada UMKM Kerajinan Perak di Kecamatan Kotagede Yogyakarta)

Nababan, Narwastu Angela (2019) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, INFORMASI DAN SOSIALISASI AKUNTANSI, SERTA UKURAN USAHA TERHADAP PEMAHAMAN KEUANGAN UMKM BERDASARKAN SAK EMKM (Studi pada UMKM Kerajinan Perak di Kecamatan Kotagede Yogyakarta). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
HAL PENGESAHAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Tingkat Pendidikan terhadap Pemahaman Keuangan UMKM Berdasarkan SAK EMKM, (2) Pengaruh Informasi dan Sosialisasi terhadap Pemahaman Keuangan UMKM Berdasarkan SAK EMKM, (3) Pengaruh Ukuran Usaha terhadap Pemahaman Keuangan UMKM Berdasarkan SAK EMKM, pada UMKM kerajinan perak Kecamatan Kotagede Yogyakarta. Pemilihan sampel menggunakan teknik sensus. Sampel penelitian ini yaitu 63 UMKM kerajinan perak di Kecamatan Kotagede Yogyakarta. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrument penelitian. Uji instrument penelitian ini menggunakan uji validitas, reliabilitas, dan uji hipotesis yaitu analisis linier berganda, uji F, uji t, dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil uji validitas menyatakan bahwa semua item pertanyaan dalam kuisioner valid. Hasil uji reliabilitas menyatakan bahwa semua item pertanyaan dalam kuesioner reliabel. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan SPSS (Statistical Package for Social Sciense) versi 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap pemahaman keuangan UMKM berdasarkan SAK EMKM. Hal ini dibuktikan dengannilai signifikansi lebih besar dari 0,05 (0,220 > 0,05). (2) Informasi dan Sosialisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap pemahaman keuangan UMKM berdasarkan SAK EMKM. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 (0,594 > 0,05). (3) Ukuran usaha berpengaruh signifikan terhadap pemahaman keuangan UMKM berdasarkan SAK EMKM. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,010 < 0,05). Kata Kunci: Tingkat Pendidikan, Informasi dan Sosialisasi, Ukuran Usaha, Pemahaman Keuangan UMKM Berdasarkan SAK EMKM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: S.IP NURUL ALIFAH RAHMAWATI
Date Deposited: 15 Jul 2019 07:02
Last Modified: 15 Jul 2019 07:02
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20387

Actions (login required)

View Item View Item