RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN OKRA (Abelmoschus esculentus L. MOENCH) TERHADAP PERLAKUAN DOSIS PUPUK KOTORAN AYAM DAN JARAK TANAM

Pratama, Aditya Wira (2019) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN OKRA (Abelmoschus esculentus L. MOENCH) TERHADAP PERLAKUAN DOSIS PUPUK KOTORAN AYAM DAN JARAK TANAM. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Tanaman Okra (Abelmoschus esculentus L. Moench) merupakan tanaman sayuran yang memiliki manfaat meningkatkan kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara perlakuan dosis pupuk kotoran ayam dan perlakuan jarak tanam pada pertumbuhan dan hasil tanaman okra, menentukan dosis pupuk kotoran ayam dan menentukan jarak tanam terbaik dalam proses budidaya tanaman okra. Percobaan ini menggunakan rancangan acak kelompok lengkap faktorial, dengan dua faktor dan satu kontrol. Faktor pertama yaitu dosis pupuk kotoran ayam (A) yang terdiri dari 3 taraf yaitu 15 ton/ha (a1), 25 ton/ha (a2) dan 35 ton/ha (a3). Faktor kedua yaitu Jarak tanam (J) yang terdiri dari 3 taraf yaitu 30 x 30 cm (j1), 45 x 45 cm (j2) dan 60 x 60 cm (j3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaski antar 2 perlakuan pada parameter tinggi tanaman (49 hst), jumlah buah per tanaman, bobot buah, bobot buah per tanaman dan bobot panen total. Dosis pupuk kotoran ayam 25 ton/ha (A2) dan 35 ton/ha (A3) memiliki hasil tertinggi pada tinggi tanaman umur 42 hst, sudut cabang, jarak antar ketiak daun, panjang buah dan diameter buah. Jarak tanam 30 x 30 cm (J1) memiliki hasil tertinggi pada tinggi tanaman umur 35 hst dan 42 hst, jarak antar ketiak daun, letak buah pertama, letak bunga pertama. Sedangkan jarak tanam 45 x 45 cm (J2) dan 60 x 60 cm (J3) memiliki hasil tertinggi pada sudut cabang, panjang buah dan diameter buah.
Kata kunci : Tanaman okra, pupuk kotoran ayam, jarak tanam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 09 Jul 2019 02:59
Last Modified: 11 Aug 2023 02:29
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20197

Actions (login required)

View Item View Item