PENGENDALIAN KUALITAS KURSI GOYANG KNOCKDOWN MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA DAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) (Studi kasus di PT House of Rattan Cirebon)

Hafidh, Shofwana (2019) PENGENDALIAN KUALITAS KURSI GOYANG KNOCKDOWN MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA DAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) (Studi kasus di PT House of Rattan Cirebon). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER TA.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI(1).pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk mengurangi tingkat kecacatan pada produksi kursi goyang knockdown di PT House of Rattan. PT House of Rattan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang rattan yang menjual produknya secara make to order (MTO). Perusahaan ini penjualannya hanya menerima order untuk luar negeri (ekspor) dikarenakan lebih menguntungkan. Pengurangan tingkat kecacatan yang diteliti pada penelitian ini menggunakan metode Six Sigma dibantu dengan Seven Tools dan dilanjutkan ke tahap perbaikan dengan menggunakan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Langkah–langkah yang dilakukan adalah Define, Measure, Analyze, Improve dan Control dari metode Six Sigma. Tahapan selanjutnya mengurutkan masalah terpenting yang harus diperbaiki dengan menggunakan FMEA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi penurunan produk cacat setelah dilakukan perbaikan pada proses produksi dibandingkan sebelum perbaikan. Pada sebelum perbaikan tingkat kecacatan produk adalah 19%, setelah diperbaiki terjadi penurunan tingkat kecacatan menjadi 9% dalam 1 batch produksi. Kata kunci : Mengurangi tingkat kecacatan produk, Make to Order, Six Sigma, Seven Tools, Failure Mode and Effect Analysis, DMAIC, FMEA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: S.IP NURUL ALIFAH RAHMAWATI
Date Deposited: 08 Jul 2019 07:48
Last Modified: 08 Jul 2019 07:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20178

Actions (login required)

View Item View Item