ANALISA PRESSURE BUILD UP TEST UNTUK MENENTUKAN KARAKTERISTIK RESERVOIR, BOUNDARY, DAN LAJU PRODUKSI OPTIMUM LAPANGAN “ALPHA”

PUTRI, MEGARANI WIDA (2019) ANALISA PRESSURE BUILD UP TEST UNTUK MENENTUKAN KARAKTERISTIK RESERVOIR, BOUNDARY, DAN LAJU PRODUKSI OPTIMUM LAPANGAN “ALPHA”. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Lapangan “Alpha” merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan. Lapangan “Alpha” telah diproduksikan sejak tahun 1982 dengan beberapa sumur existing. Sumur A-6, A-27, dan A-29 telah mengalami penurunan produksi yang tidak sewajarnya. Penurunan laju produksi yang tidak semestinya pada sebuah sumur dapat disebabkan oleh beberapa hal salah satunya adalah karena kerusakan formasi. Permasalahan dalam penulisan skripsi ini adalah bagaimana penentuan parameter-parameter reservoir yang digunakan untuk analisa produktivitas formasi sehingga nantinya dapat diketahui langkah apa yang dapat diambil untuk meningkatkan produksi sumur-sumur tersebut. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dilakukan analisa data-data yang diperoleh dari kegiatan uji sumur dengan menggunakan software Ecrin untuk mendapatkan parameter reservoir, menganalisa produktivitas masing masing sumur dengan membuat kurva Inflow Performance Relationship dan tubing intake, serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan produksi ketiga sumur tersebut. Setelah dilakukan Analisa, didapatkan hasil bahwa pada Sumur A-06 didapatkan harga skin sebesar 3,47 dan permeabilitas sebesar 108 md dengan P* dan dP skin masing-masing sebesar 1086,05 psi dan 171,95 psi. Sumur A-06 memiliki model reservoir homogeneous dan model boundary parallel fault. Sumur A-27 memiliki harga skin sebesar -2,13; permeabilitas sebesar 106 md dengan P* 714,238 psi dan dP skin sebesar -198,446 psi. sumur A-27 memiliki model reservoir homogeneous dan model boundary one fault. Pada Sumur A-29 harga skin sebesar 6,11 dengan permeabilitas 430 md, P* sebesar 1108,2 psi dan dP skin sebesar 96,51 psi serta model reservoir radial composite dengan model boundary circle-no flow. Selanjutnya dilakukan Analisa produktivitas formasi dengan cara membuat kurva Inflow Performance Relationship dan kurva tubing intake serta sensitivitas untuk berbagai ukuran tubing dan choke dengan menggunakan software Pipesim. Didapatkan Sumur A-06 memiliki laju optimum sebesar 448,8 STB/D dengan ukuran tubing 278", Sumur A-27 memiliki laju optimum sebesar 535 STB/D dengan ukuran tubing 278", dan Sumur A-29 memiliki laju optimum sebesar 1212,62 STB/D dengan ukuran tubing 3½”. Laju produksi Sumur A-06, A-27 dan A-29 masih dapat ditingkatkan dengan mengubah ukuran choke sehingga terjadi penurunan Tubing Head Pressure yang menyebabkan membesarnya drawdown sehingga produksi dapat meningkat. Namun dalam mengubah ukuran choke juga harus mempertimbangkan tekanan pada downstream agar tidak terjadi back pressure

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 13 Jun 2019 03:04
Last Modified: 13 Jun 2019 03:04
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19814

Actions (login required)

View Item View Item