PENENTUAN ZONA PROSPEK HIDROKARBON DAN USULAN KANDIDAT PERFORASI PADA FORMASI TALANG AKAR LAPANGAN “VEVA” CEKUNGAN JAWA BARAT UTARA

VEVAYA, GIRISHA (2019) PENENTUAN ZONA PROSPEK HIDROKARBON DAN USULAN KANDIDAT PERFORASI PADA FORMASI TALANG AKAR LAPANGAN “VEVA” CEKUNGAN JAWA BARAT UTARA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (266kB) | Preview

Abstract

Lapangan VEVA merupakan salah satu lapangan minyak dan gas yang dikelola oleh PT. PERTAMINA EP Asset-3 Cirebon. Analisa petrofisik yang dilakukan terdiri dari 9 sumur yaitu sumur VAY-01, VAY-03, VAY-04, VAY-05, VAY-10, VAY-11, VAY-14, VAY-17 dan VAY-18 dengan formasi target adalah Formasi Talang Akar. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dan menganalisis parameter petrofisika batuan (volume shale, porositas, saturasi air, Cutoff dan Netpay) serta menentukan kandidat perforasi pada lapangan VEVA formasi Talang Akar. Penelitian ini menggunakan software Paradigm Geolog 2011.1. Tahap analisa petrofisik meliputi tahap precalculation, environmental correction, dan determin. Tahap precalculation merupakan tahap awal untuk penginputan data hasil running alat log yang kemudian dilakukan pengoreksian pada tahap environmental correction. Tahap selanjutnya adalah tahap determin dengan melakukan perhitungan terhadap parameter-parameter petrofisik diantaranya adalah perhitungan shale volume, porositas dan saturasi air. Perhitungan shale volume menggunakan data log gamma ray. Perhitungan porositas ditentukan dari kombinasi log antara log densitas dan log neutron, sedangkan perhitungan saturasi air menggunakan metode Simandoux. Setelah diperoleh 3 parameter tersebut, kemudian menentukan nilai Cut-Off untuk mengetahui nilai pembatas yang memisahkan antara lapisan yang bertindak sebagai reservoir dan tidak serta untuk menentukan lapisan yang mengandung hidrokarbon. Hasil Cut-Off ini nantinya akan digunakan untuk menentukan net-pay pada proses pay summary. Dari hasil analisa petrofisik formasi Talang Akar tersusun dari batu pasir dan batu lempung dengan 6 sumur produktif yaitu VAY-01,VAY-03, VAY-04, VAY-14, VAY-17, dan VAY-18. Sumur-sumur produktif tersebut dihitung menggunakan Cut-off untuk minyak dengan Vshale sebesar 24%, porositas sebesar 8%, dan Sw sebesar 63.6%. Sedangkan untuk cut off gas menggunakan harga cut off Vshale sebesar 38%, porositas sebesar 8.2%, dan Sw sebesar 62.5%. Dari nilai cut-off ini, maka hasil pay summary menunjukkan adanya 13 interval yang prospek dari keenam sumur tersebut yang mengandung minyak, gas, maupun keduanya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 07 May 2019 03:45
Last Modified: 07 May 2019 03:45
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19498

Actions (login required)

View Item View Item