KAJIAN TEKNIS METODE DOUBLE DECKING PADA KEDALAMAN LUBANG BOR 8 M UNTUK MENGURANGI ISIAN BAHAN PELEDAK PER DELAY PELEDAKAN DENGAN BATASAN PPV 3 MM/S DI TAMBANG BATUBARA PT. KALTIM PRIMA COAL

RAHMA, ZUKHRUFA AWALIA (2019) KAJIAN TEKNIS METODE DOUBLE DECKING PADA KEDALAMAN LUBANG BOR 8 M UNTUK MENGURANGI ISIAN BAHAN PELEDAK PER DELAY PELEDAKAN DENGAN BATASAN PPV 3 MM/S DI TAMBANG BATUBARA PT. KALTIM PRIMA COAL. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of Halaman Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of Skripsi-Full.pdf] Text
Skripsi-Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sasaran akhir dari rencana peledakan adalah menambah kedalaman lubang bor yang awalnya 4 m menjadi 8 m. Hal ini sesuai dengan kemampuan alat gali Liebherr 996 dan Hitachi EX3600 yang berada di Pit Pinang South. Dan PT. Kaltim Prima Coal memiliki standart untuk nilai PPV ( Peak Particle Velocity ) yaitu 3 mm/s. Berdasarkan hasil pengamatan di Pit Pinang South, pada jarak 600 m dan 700 m dari titik pengamatan ground vibration kedalaman lubang bor sedalam 4 m dengan isian bahan peledak 48 kg untuk menghasilkan fragmentasi yang diinginkan dan menghasilkan nilai PPV dibawah 3 mm/s. Setelah melakukan analisis dengan rumus scaled distance hasil yang didapat adalah untuk jarak 600 isian maksimal bahan peledak adalah 84 kg dan untuk jarak 700 m isian maksimal bahan peledak adalah 115 kg. Maka dengan metode double decking kedalaman lubang bor bisa ditambah menjadi 8 m dan mengurangi isian bahan peledak per delay atau isian bahan peledak akan sama dengan kedalaman lubang bor 4 m. Karena metode double decking membagi 8 m menjadi 4 m bagian bawah dan atas yang masing-masing memiliki detonator. Sehingga nilai PPV yang dihasilkan dibawah 3 mm/s. Setelah didapatkan rekomendasi maka dilakukan percobaan di jarak 600 m dan 700 m dengan metode double decking pada kedalaman lubang bor 8 m dan hasilnya semua percobaan menghasilkan PPV dibawah 3 mm/s yaitu PN 22 adalah 2,47 mm/s, PN 20 adalah 2,02 mm/s, PN 07 adalah 1,87 mm/s, dan PN 09 adalah 2,47 mm/s.

Kata Kunci: Peak Particle Velocity, Ground Vibration, Scaled Distance, Delay, Double Decking

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peak Particle Velocity, Ground Vibration, Scaled Distance, Delay, Double Decking
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 09 Apr 2019 03:14
Last Modified: 30 Jan 2024 04:42
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19212

Actions (login required)

View Item View Item