IDENTIFIKASI KEBERADAAN STRUKTUR PATAHAN DAN FLUIDA DENGAN METODE PASSIVE SEISMIC TOMOGRAPHY BERDASARKAN MODEL VP DAN RASIO VP/VS PADA SUB-CEKUNGAN BANYUMAS, JAWA TENGAH

Ramadhan, Atqiya (2019) IDENTIFIKASI KEBERADAAN STRUKTUR PATAHAN DAN FLUIDA DENGAN METODE PASSIVE SEISMIC TOMOGRAPHY BERDASARKAN MODEL VP DAN RASIO VP/VS PADA SUB-CEKUNGAN BANYUMAS, JAWA TENGAH. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN ATQIYA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sub-Cekungan Banyumas merupakan cekungan sedimen yang berada pada zona South Java Fore Arc Basin. Sub-Cekungan Banyumas diduga memiliki potensi sebagai cekungan penghasil migas, ini terbukti dengan munculnya rembesan minyak dan gas bumi yang berada dipermukaan. Komplektisitas struktur geologi yang tinggi menyebabkan keberadaan migas dibawah permukaan pada Sub-Cekungan Banyumas masih belum diketahui secara pasti. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan pola struktur geologi bawah permukaan dan mengidentifikasi keberadaan fluida yang diduga sebagai migas pada Sub-Cekungan Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode Passive Seismic Tomography. Data yang digunakan ialah nilai kecepatan gelombang P (Vp) dan Rasio Vp/Vs sehingga menghasilkan penampang Vp dan Vp/Vs. Penampang Vp digunakan untuk melihat pola struktur geologi pada Sub- Cekungan Banyumas. Penampang Vp/Vs digunakan untuk mengidentifikasi keberadaan fluida pada Sub-Cekungan Banyumas. Berdasarkan analisa yang dilakukan, kecepatan batuan yang rendah basement berkisar antara 2,1 km/s hingga 3,9 km/s diinterpretasikan sebagai batuan sedimen vulkanik. Kecepatan batuan yang tinggi berkisar antara 3,9 km/s hingga 4,7 km/s diinterpretasi sebagai basement berupa batuan andesitik. Keberadaan struktur pada Sub-Cekungan Banyumas terlihat pada ketiga penampang Vp pada kedalaman rata-rata 8-10 km. Keberadaan fluida pada Sub- Cekungan Banyumas terlihat pada penampang Vp/Vs pada kedalaman 5 km dengan nilai rasio Vp/Vs yang tinggi yaitu berkisar antara 1.73 hingga 1.76. Kata kunci: Vp, Rasio Vp/Vs, Passive Seismic Tomogaphy, Struktur, Fluida.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 08 Apr 2019 07:56
Last Modified: 08 Apr 2019 07:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19191

Actions (login required)

View Item View Item