PERANCANGAN ALAT SORTIR UKURAN GREEN BEANS MENGGUNAKAN VDI (Verein Deutcher Ingineuer) 2221 (Studi Kasus Pada Selemeng Kopi, Yogyakarta)

PRADANTI, GENNIS HEDITYA (2019) PERANCANGAN ALAT SORTIR UKURAN GREEN BEANS MENGGUNAKAN VDI (Verein Deutcher Ingineuer) 2221 (Studi Kasus Pada Selemeng Kopi, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Cover.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Lembar pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_Daftar isi.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Proses sortir green beans (biji kopi mentah) yang dilakukan oleh Selemeng kopi Yogyakarta masih secara manual dan untuk melakukan proses sortir ukuran green beans menggunakan alat sortir dengan ukuran 6 mm. Hasil proses sortir ukuran green beans yang saat ini dilakukan belum menghasilkan green beans yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia. Hal ini mengakibatkan tingkat kematangan biji kopi tidak merata dan akan merusak mesin roasting serta cita rasa yang dihasilkan tidak sesuai dengan profil roasting yang diinginkan. Oleh karena itu,diperlukan perancangan alat sortir ukuran kopi agar menghasilkan ukuran green beans yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia. Alat sortir ukuran green beans yang dirancang dalam penelitian ini menggunakan metode Verein Deutcher Ingenieur (VDI) 2221. Atribut yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari keinginan konsumen dan kemudian diturunkan menjadi fungsi-fungsi oleh produk yang dikembangkan. Hasil rancangan kemudian diwujudkan dalam bentuk nyata dan dilakukan uji alat serta evaluasi yang melibatkan pengguna dan tenaga ahli. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa alat sortir ukuran green beans yang dirancang dalam penelitian ini dapat memilah hasil sortir ukuran green beans sesuai dengan persyaratan ukuran biji kopi oleh Standar Nasional Indonesia. Uji tingkat kepuasan penggunaan alat sebesar 4,3 dari skala 5,00, hal ini menunjukkan pengguna alat sortir ukuran green beans merasa puas dengan alat tersebut. Kata kunci: alat sortir ukuran biji kopi, VDI 2221

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 08 Apr 2019 03:30
Last Modified: 08 Apr 2019 03:30
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19162

Actions (login required)

View Item View Item