PERANCANGAN ULANG WAJAN SEBAGAI ALAT BANTU PROSES PEREBUSAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAHL AND BEITZ (Studi Kasus di UKM Ayam Goreng Kalasan Bu Tatik Widodo Yogyakarta)

AMBIYA, ZERIQO HAMZAH (2019) PERANCANGAN ULANG WAJAN SEBAGAI ALAT BANTU PROSES PEREBUSAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAHL AND BEITZ (Studi Kasus di UKM Ayam Goreng Kalasan Bu Tatik Widodo Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1 ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 COVER JR.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

UMKM Ayam Goreng Kalasan Bu Tatik Widodo merupakan salah satu pembuat ayam goreng yang terletak di Sentra Ayam Goreng Kalasan di Dusun Bedan, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. UMKM Ayam Goreng Kalasan Bu Tatik Widodo menggunakan penutup dengan tampah (anyaman Bambu) harus menggunakan penekan (batu bata) agar ayam tidak rusak. Oleh karena itu, perlu dirancang ulang alat wajan yang baik dan sesuai dengan kebutuhan pekerja, sehingga produktivitas di UMKM Ayam Goreng Kalasan Bu Tatik Widodo dapat ditingkatkan Tahap perancangan dilakukan berdasarkan metode Pahl and Beitz. Alat wajan perebus ayam dirancang dengan memperhatikan atribut meliputi waktu perebusan yang lebih cepat, tidak memerlukan tenaga yang besar, mudah dioperasikan, mudah dalam perawatan, alat awet dan tahan lama, kemudian perancangan alat wajan perebus ayam diwujudkan dalam bentuk nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat wajan perebus ayam yang di rancang ulang dalam penelitian ini dapat menuurunkan waktu proses perebusan untuk ayam kampung efisiensi yang diperoleh sebesar 33% dan untuk ayam ras petelur efisiensi yang diperoleh sebesar 25%, menurunkan tingkat kelelahan pekerja, dari 58,28 %CVL menjadi 37,48 %CVL, dan uji tingkat kepuasan pengguna sebesar 4,41 dari skala 5, hal ini menunjukan alat wajan perebus ayam masuk dalam klasifikasi baik. Kata Kunci: perancangan ulang alat wajan perebus ayam, pahl and beitz, produktivitas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 05 Apr 2019 04:40
Last Modified: 05 Apr 2019 04:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19143

Actions (login required)

View Item View Item